Kami akan hadirkan ruang kerja bersama (coworking space) gratis dan juga pelatihan digital untuk masa depan
Jakarta (ANTARA) -
Visi dan misi yang disampaikan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) pada debat kedua Pilkada Jakarta 2024 memberikan banyak solusi terukur bagi warga Jakarta, kata Juru Bicara pasangan RIDO, Bernardus Djonoputro.
 
"Jakarta maju, Jakarta kota global bukan hanya cita-cita, tapi segera bertransformasi dimulai di zaman Ridwan Kamil-Suswono. Warganya harus sehat, 100 persen warga akan di lindungi BPJS. Akan ada satu juta lapangan kerja baru, termasuk lapangan kerja bagi para gen Z dan anak muda. Fasilitas berupa ruang kerja (working space) gratis, untuk anak muda untuk memulai usaha," kata Bernie, sapaan akrab Bernardus Djonoputro di Jakarta, Senin.

Baca juga: Separuh warga Jakarta masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
 
Menurut dia, salah satu program Jakarta menuju kota global yang diusung Ridwan Kamil-Suswono adalah menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata kelas dunia.
 
Nantinya, Ridwan Kamil akan menghubungkan dermaga penyeberangan kapal menuju Kepulauan Seribu dengan stasiun MRT dan TransJakarta.
 
"Selain taman wisata dunia, akan ada pulau untuk diving, snorkeling, memancing, dan olah raga laut lainnya. Ridwan Kamil dan Suswono dalam debat kedua ini memperlihatkan kepemimpinan dan pengalaman sebagai pemimpin yang cocok untuk Jakarta," kata Bernie.

Baca juga: Ekonomi dan kesejahteraan jadi tema debat kedua Pilkada DKI Jakarta
 
Sementara itu, Ridwan Kamil dalam pernyataan penutup debat kedua Pilkada Jakarta yang berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam mengatakan bahwa dirinya dan Suswono mampu menjadikan masyarakat Jakarta lebih sejahtera selama lima tahun ke depan.
 
"Izinkan kami mencintai, menyayangi bapak ibu semua melalui inovasi-inovasi yang relevan selama lima tahun ke depan di bidang pendidikan. Selain pendidikan gratis, pendidikan inklusif, kesejahteraan guru, mengurangi beban guru yang tidak perlu, dan juga membangun RSUD tambahan, membangun dokter keliling dan lain sebagainya di daerah-daerah yang membutuhkan. Tentu itu menjadi unggulan kita," ujarnya.
 
Selain itu, Ridwan Kamil memastikan ingin mengentaskan pengangguran di Jakarta dengan menyiapkan satu  juta lapangan pekerjaan kepada warga Jakarta selama lima tahun ke depan.

Baca juga: DKJ harap cagub-cawagub DKI perhatikan kesejahteraan seniman daerah
 
"Dan untuk Gen-Z jangan khawatir. Kami akan hadirkan ruang kerja bersama (coworking space) gratis dan juga pelatihan digital untuk masa depan," kata dia.
 
Ridwan Kamil tak lupa mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Jakarta yang sudah menerima dirinya dengan baik saat blusukan.

Ridwan Kamil menjanjikan akan mencarikan solusi terbaik terkait keluhan dan aspirasi masyarakat Jakarta.
 
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang sudah sudi menerima kami saat blusukan dan menyampaikan asiprasinya. Terima kasih kami kepada pengurus Jumantik, Dasawisma, PKK, Posyandu, LMK, Karang Taruna, Insyaallah kami balas dengan dinaikkan insentifnya," kata Ridwan Kamil.
 
Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga ingin menaikkan insentif kepada mereka yang sukarela mau mengurusi warganya. Ia menyebut akan memberikan uang kehormatan atas keringat yang sudah mereka keluarkan.
 
"Dan khusus RT/ RW, selain operasional dinaikkan, kami akan berikan uang kehormatan untuk pribadi, uang lelahnya berbeda dengan operasional. RT kami berikan Rp2 juta, RW 2,5 juta. Mudah-mudahan rasa terima kasih ini menguatkan bahwa Jakarta Baru Jakarta Maju," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil.
 
Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.
 
Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.
 
Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024