Jakarta (ANTARA) - Dalam momentum peringatan Ke-96 Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyanti mengimbau kepada ASN untuk lebih meningkatkan birokrasi yang kompeten, akuntabel, dan melayani.

Ia mengatakan seluruh ASN khususnya ASN Kementerian PANRB agar semakin bersemangat serta cinta terhadap bangsa dan tanah air, dengan selalu berbuat sesuatu yang baik demi kemajuan bangsa Indonesia melalui pelayanan birokrasi yang mumpuni.

"Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek maupun objek pembangunan," kata Rini saat menyampaikan naskah kata sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo untuk ASN di lingkungan Kementerian PANRB, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, peringatan hari bersejarah itu diharapkan menjadi momentum dalam mengembangkan potensi pemuda, melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi.

Peringatan tahun, lanjut Rini, bersamaan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasikan langkah bangsa Indonesia untuk mewujudkan target-target Pembangunan Jangka Menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan Jangka Panjang 2045.

Ia menambahkan, sebagai subjek pembangunan, sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor pembangunan nasional, serta pada agenda Sustainable Development Goals (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa yang merupakan agenda global.

Sementara, pada sebagian yang lain, pemuda Indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan, dan kewirausahaan.

"Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan," ujar Menteri PANRB itu.

Baca juga: Kepala BNPT: Lindungi pemuda dari ideologi kekerasan

Baca juga: Menpora ajak masyarakat hadiri acara puncak Sumpah Pemuda di TMII


Peringatan hari sumpah tahun ini, tambah dia, mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya.

Tema itu menyampaikan pesan untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya dan sejahtera.

Upaya ini dilakukan dalam bentuk usaha pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasi dengan sebaik-baiknya baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah.

Dari sisi pelayanan, pemerintah daerah memiliki peran yang penting dalam menggerakkan pelayanan kepemudaan.

Peran tersebut diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024