Kuta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) akan memaksimalkan program pelatihan berstandar nasional maupun internasional untuk pelatih dan juri seperti yang sudah dikaji dalam Pramusyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PP Pordasi di Hotel Discovery, Kuta, Bali, 25-27 Oktober.

"Kami sedang melakukan pembahasan, khususnya kami akan memaksimalkan SDM, baik itu apakah pelatih maupun juri. Memang kami akan banyak memberikan pelatihan-pelatihan sehingga punya standar yang sama dan standar yang kuat. Itu salah satu program inti," kata Ketua Pordasi Sumatera Barat Deri Asta kepada pewarta.

Menurut Deri Asta selain melakukan pembangunan fasilitas, fokus PP Pordasi yakni mengembangkan SDM yang ada saat ini agar mempunyai sertifikat bertaraf nasional maupun internasional.

Hal tersebut menjadi poin penting dalam kajian Pramusyawarah Nasional Luar Biasa yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan di Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PP Pordasi di Jakarta pada 2 November.

"Di kepengurusan ini (peningkatan SDM) merupakan salah satu poin penting di samping fasilitas yang coba dibangun. Ya kalau fasilitas tentu kami tidak meragukan posisi Pak Aryo (Ketua Umum Pordasi) pada hari ini untuk membangun. Itu yang menjadi fokus dan itu sudah tertuang dalam program kerja kami terkait pelatihan-pelatihan itu," ujar Deri Asta.

Selain melakukan pelatihan bertaraf nasional dan internasional, Pordasi juga fokus untuk memberikan pelatihan-pelatihan sampai ke tingkat provinsi khususnya bagi pelatih maupun juri.

Program ini menurut Deri Asta selaras dengan target dari Pordasi yang diberi amanah oleh Presiden Prabowo Subianto membawa cabang berkuda Indonesia bersaing di Olimpiade Los Angeles 2028.

Selain melakukan pelatihan, fokus Pordasi kini akan melakukan pembangunan kandang yang merata di seluruh provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pordasi janji bangun kandang secara merata di setiap Pengprov
Baca juga: PP Pordasi gelar pre-munaslub bahas penyempurnaan AD/ART
Baca juga: Pembangunan venue pacu kuda HM Hasan dipastikan selesai tepat waktu

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024