Jakarta (ANTARA) - Menghabiskan akhir tahun biasanya masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk pergi ke tempat wisata menarik. Dengan menghabiskan hari libur bersama keluarga, teman atau pasangan dapat menjadi pilihan terbaik dalam menikmati momen bersama.

Keindahan alam di Indonesia sangatlah luar biasa, tak heran jika setiap masyarakat tidak ingin melewatkan kesempatan akhir tahun dengan berencana pergi liburan. Berikut ini terdapat beberapa wisata menarik untuk berlibur di akhir tahun 2024.

Rekomendasi tempat wisata liburan akhir tahun

1. Desa Penglipuran, Bali

Pesona Bali memang tiada bandingnya, untuk Anda yang ingin berlibur sambil berkegiatan edukatif dapat mengunjungi tempat ini. Dengan melihat kehidupan asli masyarakat Bali sekaligus menikmati pemandangan dan udara yang segar.

2. Geopark Ciletuh, Sukabumi

Wisata yang terkenal keindahan alamnya dan memiliki objek wisata menarik seperti air terjun terkenal yaitu Curug Sodong. Serta tempat ini menjadi salah satu geopark global yang diakui oleh UNESCO.

Baca juga: Destinasi wisata baru di Indonesia 2024

3. Kawah Ijen, Jawa Timur

Destinasi wisata alam yang memiliki fenomena Blue Fire atau api biru yang hanya dimiliki oleh Indonesia dan Islandia. Menjadikan keindahan yang unik dalam menikmati liburan terlebih bagi Anda yang menyukai petualangan.

4. Puncak, Bogor

Di akhir tahun Puncak menjadi tempat favorit untuk menikmati liburan. Kawasan Puncak menyajikan panorama yang menakjukan sekaligus udara segar menjadi opsi cocok untuk liburan bersama keluarga.

5. Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta

Untuk menikmati liburan akhir tahun, berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan dapat dijadikan sebagai sarana menyenangkan. Tempat yang lebih populer sebagai Kebun Binatang Ragunan ini memberikan kesempatan pengunjungnya untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis satwa hingga dapat piknik di sekitar ruang terbuka.

6. Ranca Upas, Bandung

Wisata yang menyajikan alam bebas dengan pemandangan hijau yang terbuka. Dengan menawarkan spot menarik dan Anda pun bisa memberikan makan serta berfoto bersama rusa.

7. Candi Borobudur, Magelang

Dinobatkan sebagai candi Buddha tertua di dunia, Borobudur menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional dalam menikmati kemegahannya. Sekaligus menjadi destinasi wisata yang perlu dilestarikan.

8. Gili Trawangan, Lombok

Keindahan pantai ini menjadi kegiatan yang menarik bagi setiap wisatawan terlebih dalam melakukan kegiatan snorkeling. Dengan menikmati keindahan bawah laut yang menarik dan air laut yang biru.

Baca juga: Rincian biaya wisata ke Yogyakarta selama 3 hari

9. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Wisata dengan menyimpan keindahan alam dan hewan purba yang mendunia, memberikan daya tarik eksotis destinasi tersebut.

10. Banda Neira, Maluku

Salah satu destinasi alam yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain. Keindahan alam yang sangat indah menjadi daya tarik menawan di Banda Neira.

11. Museum Ganesya, Malang

Museum ini sebagai warisan budaya pada masa Kerajaan Singhasari/Tumapel hingga Majapahit. Di museum ini terdapat galeri 1000 topeng tradisional dan modern serta cerita perkembangan mengenai seni Tanah Air.

12. Pantai Sawarna, Banten

Pantai biasanya dijadikan sarana sebagai berlibur akhir tahun. Dengan menikmati deburan ombak serta dapat melihat pemandangan sunset maupun sunrise.

13. Kayu Aro, Kerinci

Wisata alam kebun teh ini memberikan pilihan tempat yang tepat dalam berlibur. Sambil menikmati pemandangan yang indah serta dapat meminum teh sambil menikmati Gunung Kerinci.

14. Danau Kaco, Jambi

Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai salah satu warisan dunia UNESCO. Pesona air yang indah berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik pengunjung dalam berlibur.

15. Alahan Panjang, Sumatera Barat

Desa yang dikenal sebagai Swiss-nya Indonesia menawarkan keindahan pemandangan yang hampir serupa dengan negara di bagian barat Eropa itu.

16. Taman Buah Mekarsari, Jawa Barat

Tempat rekreasi yang mendapatkan beragam pengalaman edukatif. Di sini Anda dapat menemui berbagai macam tanaman buah, sayur, pohon dan rempah-rempah.

Baca juga: Destinasi wisata baru di Yogyakarta

17. Batu Night Spectacular, Kota Batu

Wisata yang beroperasi setiap malam dengan memiliki konsep menggabungkan permainan, olahraga, hiburan hingga pusat perbelanjaan. Terdapat banyak wahana menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

18. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau yang berasal dari letusan gunung purba memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Terlebih dengan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau serta dapat Anda nikmati menggunakan perahu untuk berkeliling.

19. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi

Taman yang berada di Situbondo menyajikan bentang alam savana yang cantik. Anda pun dapat menikmati secara langsung satwa liar seperti banteng jawa, burung merak dan lainnya.

20. Dusun Semilir, Semarang

Terdapat beragam wisata menarik dengan bangunan utama yang dijadikan sebagai spot foto para pengunjung. Tersedia wahana bermain anak-anak yang luas seperti playground dan boom-boom car.

Baca juga: Mau liburan 2 hari di Bandung? Simak rincian biaya tanpa takut tekor
Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata terbaru di Jawa Barat

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024