Jakarta (ANTARA) - Di balik citra tegasnya, Presiden RI Prabowo Subianto mempunyai soft spot yang terlihat lewat kucing kesayangannya, Bobby Kertanegara.

Bobby Kertanegara baru-baru ini resmi menjadi kucing yang duduk di pemerintahan menemani Presiden Prabowo bertugas. Hal ini lantaran Bobby ikut diboyong ke Istana Negara, usai Prabowo resmi dilantik sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Kemunculan Bobby Kertanegara ini menjadi sorotan publik, sebagai hewan peliharaan Presiden Prabowo, dia dijuluki sebagai kucing kasta tertinggi di Indonesia. Meski memiliki nama unik berbau ningrat, asal-usul Bobby ternyata berasal dari kucing rescue.

Berawal dari pertemuan tak sengaja, Bobby telah menemani Presiden Prabowo sejak 2016. Bobby dulunya merupakan kucing liar yang datang ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta.

Memiliki warna bulu putih bercorak hitam, Bobby termasuk ras kucing domestik atau kucing kampung. Awalnya, Bobby muncul di rumah Prabowo yang sedang direnovasi, dianggap hanya singgah namun ternyata dia betah.

Melihat hal itu, mantan Menteri Pertahanan tersebut merasa iba dan memutuskan untuk mengadopsi serta merawatnya. Setelah diadopsi, Prabowo memberi nama kucingnya Bobby dan menambahkan nama belakang Kertanegara sesuai jalan rumahnya.

Bobby menjadi hewan peliharaan yang sangat dihargai oleh Prabowo. Bahkan di sela-sela kesibukannya, Prabowo terlihat suka bermain dengan Bobby. Interaksi ini sering dibagikan melalui media sosialnya, termasuk momen saat Bobby menemani kegiatan Prabowo di rumah Kertanegara, termasuk menjamu tamu penting.

 


Sejak diangkat menjadi hewan peliharaan, Prabowo tak pernah membiarkan Bobby keluar rumah terlebih bermain bersama dengan kucing lain di luar. Namun, Bobby cukup sering menikmati berjalan-jalan di sekitar rumah menggunakan stroller khusus kucing dan bermain dengan beragam mainan kucing miliknya.

Tak kalah tenar dari pemiliknya, Bobby Kertanegara sebagai hewan peliharaan Presiden RI ke-8 itu, juga punya media sosial untuk membagikan momen-momen kesehariannya.

Bobby memiliki akun Instagram resmi dengan nama @bobbykertanegara yang saat ini memiliki 728 ribu pengikut atau followers. Sedangkan akun TikToknya Bobby kini punya 828,3 ribu followers.

Hampir 8 tahun berselang, hingga saat ini menjabat sebagai Presiden RI, Prabowo tetap membawa Bobby untuk menemaninya di Istana Negara.

Usai dilantik sebagai Presiden Indonesia, Prabowo menyempatkan bermain sejenak dengan Bobby yang juga resmi tinggal di lingkungan istana. Dalam momen tersebut, Prabowo bahkan menyebutkan bahwa Bobby harus "melihat kamarnya di Istana".

 

Baca juga: Bobby si kucing resmi jadi penghuni Istana temani Prabowo dinas

Baca juga: 8 kucing ras yang populer dipelihara

Baca juga: Jenis penyakit kucing dan gejalanya

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024