Masih terdapat tantangan dalam bidang lapangan kerja dan partisipasi pemuda dengan masing-masing capaian sebesar 45 persen dan 43,33 persen
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri mengajak masyarakat untuk turut aktif meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024.

Bachril usai memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Tegar Beriman Cibinong Bogor Senin mengungkapkan, peningkatan IPP bisa dilakukan melalui mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan masif.

Tahun 2024, IPP tercatat berada pada angka 56,33 persen secara nasional, dengan rincian di antaranya capaian dalam bidang pendidikan sebesar 70 persen dan kesehatan sebesar 65 persen. Masih terdapat tantangan dalam bidang lapangan kerja dan partisipasi pemuda dengan masing-masing capaian sebesar 45 persen dan 43,33 persen.

Menurut Bachril, capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran.

Ia menekankan, seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media harus bergerak secara sinergis, terpadu, holistik.

“Sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif, yang mendukung bertumbuh kebanggaan kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing. Hal ini selaras dengan tema Hari Sumpah Pemuda, Maju Bersama Indonesia Raya,” ujarnya.

Bachril menyebutkan, dalam meningkatkan capaian IPP perlu diingat peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, saat para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia.

Menurut dia, nilai-nilai dalam peristiwa Sumpah Pemuda ini harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia.

“Sehingga terwujudnya Indonesia Emas yang mencirikan kemajuan dan kesejahteraan yang semakin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global,” tuturnya.(KR-MFS).
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024