Jakarta (ANTARA) -
Liburan bisa menjadi solusi untuk melepaskan penat setelah sibuknya kegiatan yang kerap kita jalani, seperti bekerja dan sekolah.
 
Tak perlu jauh-jauh, Bandung bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan waktu untuk berlibur mengunjungi berbagai destinasi, mulai dari tempat yang kaya akan pesona alam dan berbagai tempat yang Instagrammable.
 
Selama dua hari bermalam di Bandung, ternyata tak perlu merogoh kantong terlalu banyak, lho.
 
Oleh sebab itu, lakukanlah perencanaan yang baik dan tepat, mulai dari pilihan transportasi, penginapan, hingga biaya wisata agar liburan tetap menyenangkan tanpa boncos.
 
Berapa biaya berlibur ke Bandung selama dua hari? Simak rincian biayanya.
 
1. Biaya transportasi

Jika Anda berangkat dari Jakarta menuju Bandung, hanya memerlukan lama waktu perjalanan sekitar 3-4 jam. Terdapat berbagai pilihan kendaraan yang bisa dipilih, seperti mobil, bus, atau kereta api.
 
Biaya yang dikeluarkan menggunakan mobil sekitar Rp600 ribu. Anda bisa membeli bensin sekitar Rp400 ribu dan harga tol sekitar Rp200 ribu untuk pulang pergi perjalanan Jakarta-Bandung.
 
Bagi yang ingin menggunakan kereta api, keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung untuk kelas ekonomi mulai dari harga Rp150 ribu.
 
Ada alternatif lain untuk naik kereta api dengan harga yang sangat ramah di kantong yakni memilih kereta lokal. Cukup menghabiskan biaya Rp12.000 saja, Anda sudah tiba di Bandung.
 
Untuk rute kereta lokal tersebut, Anda harus membeli dua tiket kereta api yaitu berangkat dari Stasiun Cikarang menuju Stasiun Purwakarta dengan harga Rp4.000, lalu transit dari Stasiun Purwakarta menuju Stasiun Bandung seharga Rp8.000.
 
Sedangkan, bila menggunakan bus, harga tiket penumpang berkisar Rp65.000 hingga Rp120.000, mulai dari bus kelas ekonomi atau eksekutif AC.
 
2. Penginapan

Bandung sebagai salah satu kota wisata favorit, pastinya terdapat berbagai pilihan tempat penginapan, mulai dari harga ekonomis hingga fasilitas yang mewah.
 
Untuk penginapan di guest house, harga kamar mulai berkisar Rp70.000/malam. Sedangkan untuk hotel bintang dua, mulai dari harga Rp300.000/malam dan hotel bintang lima berkisar Rp500.000/malam. Harga tersebut bisa ditentukan berdasarkan lokasi dan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung.
 
3. Makanan

Selama berlibur di Bandung, biaya makan pun perlu diperhitungkan. Tidak kalah dengan kota wisata lainnya, Bandung juga merupakan kota yang memiliki kuliner yang menarik dan terjangkau, mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran bintang lima.
 
Jika Anda memilih makan di warung makan lokal, cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp15.000-Rp20.000 sudah bisa makan menggunakan lauk pauk yang lengkap, seperti ayam, sayur, tempe, ikan, dan lainnya.
 
Sedangkan, untuk makan di restoran kelas menengah hingga bintang lima, Anda mesti merogoh kantong sebesar Rp100.000 hingga Rp150.000.
 
4. Transportasi selama di Bandung

Bagi yang tidak membawa transportasi pribadi, tak perlu khawatir untuk akses perjalanan Anda menuju destinasi tujuan.
 
Tersedia angkutan kota atau angkot yang masih beroperasi aktif di wilayah Bandung sekitar. Harga tarif angkot dengan jarak dekat berkisar Rp3.000 dan jarak jauh minimal Rp5.000.
 
Selain angkot, Anda dapat naik bus umum seperti Trans Bandung Raya atau Damri yang dikenakan biaya sebesar Rp8.000-Rp14.000, Trans Metro Bandung seharga Rp4.000, dan Trans Metro Pasudan seharga Rp4.900.
 
Jika ingin lebih praktis, Anda dapat pesan transportasi online lewat aplikasi seperti Gojek, Grab, atau Indrive.
 
5. Destinasi liburan

Saat datang berkunjung ke tempat destinasi liburan di Bandung, terdapat beberapa tempat yang dikenakan biaya tiket masuk. Berikut beberapa tempat destinasi liburan beserta harga tiketnya.
 
  • Farm House Lembang: Rp30.000-Rp55.000 per orang.
  • Dusun Bambu: Rp20.000 saat hari weekday dan Rp30.000 saat hari weekend, sedangkan saat libur nasional seperti idul fitri atau tahun baru seharga Rp40.000
  • Tangkuban Perahu: Rp20.000 untuk hari weekday dan Rp30.000 untuk hari weekend
  • Kawah Putih Ciwidey: Rp29.000 – Rp81.000 per orang.
  • Orchid Forest Cikole: Rp40.000 - Rp100.000
  • Taman Peta Park: Rp15.000
  • The Lodge Maribaya: Rp35.000-Rp125.000
 
Dengan rincian biaya liburan ke Bandung selama dua hari satu malam, diperkirakan bisa mencapai 1 juta saja. Tentunya biaya tersebut tergantung kebutuhan dan gaya liburan tiap individu.
 
Pastikan sebelum berangkat berlibur ke Bandung, persiapkan segala kebutuhan dari jauh-jauh hari, seperti pembelian tiket keberangkatan dan tempat penginapan melalui aplikasi online, agar mendapatkan harga yang lebih murah dan tidak kehabisan ketersediaan tempat.
 
 

Baca juga: Destinasi wisata baru di Yogyakarta

Baca juga: Rincian biaya wisata ke Yogyakarta selama 3 hari

Baca juga: Destinasi wisata baru di Indonesia 2024
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024