Jakarta (ANTARA) -
Yogyakarta atau biasa disebut Jogja adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang terkenal dengan budaya, sejarah, serta pesona alamnya.
 
Dengan berbagai destinasi, Jogja selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah maupun luar negeri.
 
Meski terkenal sebagai destinasi wisata murah, biaya liburan ke Jogja tetap memerlukan perhitungan matang agar tidak boros dan harga biaya liburan tetap terjangkau.
 
Bagi Anda yang ingin berwisata ke Jogja, ternyata bisa menghabiskan biaya hanya 1 juta, lho. Berikut rincian perkiraan biaya untuk menikmati liburan di Yogyakarta selama tiga hari.
 
1. Tranportasi

Saat ingin melakukan perjalanan wisata, pilihlah kendaraan keberangkatan dan kepulangan yang nyaman dan terjangkau untuk Anda dan keluarga. Umumnya, sebagian orang kerap memilih naik kereta api ketika ingin pergi wisata ke Yogyakarta.
 
Jika Anda berangkat dari stasiun Pasar Senen, Jakarta, harga tiket kereta kelas ekonomi mulai dari Rp250 ribu-Rp390 ribu untuk tiba di stasiun Yogyakarta. Sedangkan kelas eksekutif bisa mencapai harga Rp330 ribu-Rp700 ribu.
 
Letak stasiun Yogyakarta berada di tengah kota Yogyakarta, sehingga lokasinya sangat strategis untuk mengunjungi berbagai destinasi dengan akses transportasi umum yang mudah.
 
2. Tempat menginap atau hotel

Setelah sampai, tentunya perlu tempat menginap untuk beristirahat. Di kota Jogja ini, terdapat berbagai tempat penginapan yang nyaman dengan harga terjangkau, mulai dari guest house hingga hotel, bisa Anda pilih sesuai keinginan dan budget.
 
Untuk penginapan di guest house atau homestay berkisar dari harga Rp67 ribu-Rp190 ribu per malam yang memiliki fasilitas yang berbeda-beda, seperti tersedia AC, kipas angin, lemari baju, dan sarapan gratis.
 
Jika ingin penginapan dengan fasilitas yang lebih nyaman seperti hotel, harga hotel standar di Jogja mulai dari Rp80 ribu-Rp200 ribu per malam. Sedangkan, hotel yang berbintang lima, harga bisa mencapai Rp817 ribu-Rp2,2 juta selama semalam.
 
3. Transportasi selama di Yogyakarta

Selama berwisata ke Yogyakarta, Anda bisa menggunakan berbagai transportasi umum atau sewa kendaraan untuk mengunjungi destinasi wisata tujuan.
 
Jika ingin menggunakan transportasi umum, kendaraan Trans Jogja bisa dapat menjadi pilihan. Tarif biaya Trans Jogja sekitar Rp3.500 dalam satu kali perjalanan. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu langganan Trans Jogja atau pembayaran digital lain seperi QRIS.
 
Becak pun menjadi transportasi khas Yogyakarta yang masih tersedia luas di kota ini. Sambil menikmati perjalanan dengan naik becak, uang yang cukup dikeluarkan mulai dari Rp25 ribu, tentunya jika naik becak harga tergantung jarak menuju lokasi tujuan.
 
Pilihan menyewa mobil atau motor adalah pilihan tepat bagi yang ingin berwisata menjelajahi seluk beluk kota dengan puas. Harga sewa motor berkisar dari Rp60 ribu hingga Rp195 ribu, tergantung jenis type motor yang dipilih. Sedangkan, harga sewa mobil mulai dari Rp89 ribu dengan supir dan Rp300 ribu tanpa supir.
 
4. Makanan

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki beragam kuliner dengan citra rasa yang khas dan harga yang ramah di kantong.
 
Jika Anda memilih di tempat makan tradisional, mulai dari harga Rp10 ribu sudah bisa mengenyangkan perut dengan seporsi gudeg atau makanan lain seperti angkringan atau sate klathak. Sedangkan di street food, rata-rata harga sekitar Rp50 ribu-Rp100 ribu.
 
Tempat destinasi favorit di Yogyakarta dengan pemandangan kota yang indah terutama saat malam hari yaitu Bukit Bintang Jogja yang terletak di Kepanewon, Gunung Kidul. Makanan yang tersedia seperti nasi goreng, mie goreng, sate ayam, ayam goreng hanya berkisar mulai harga Rp15 ribu saja.
 
Selain itu, ada Gudeg Sagan menawarkan berbagai makanan dengan harga mulai dari Rp12ribu sampai Rp40 ribu. Tempat makanan gudeg favorit ini terletak di Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes 53, Sagan.
 
5. Tiket wisata

Destinasi Yogyakarta selalu menjadi incaran para wisatawan, beberapa di antara destinasi, para pengunjung harus menyiapkan biaya untuk membeli tiket. Berikut adalah tempat wisata favorit di Yogyakarta beserta harga tiket per orang.
  • Candi Borobudur dan Prambanan: Rp50 ribu untuk orang dewasa dan Rp25 ribu untuk anak 3-10 tahun bagi pengunjung domestik
  • Boko Palace: Rp50 ribu untuk orang dewasa dan Rp25 ribu untuk anak 3-10 tahun bagi pengunjung domestik
  • Taman Sari : Rp5 ribu
  • Keraton Jogja: Rp10 ribu
  • Istana Ratu Boko: Rp50 ribu
  • Candi Mendut: Rp5 ribu
  • Obelix Sea View: Rp30 ribu untuk weekday dan Rp40 ribu untuk weekend
  • Pantai Slili: Rp10 ribu
 
Total estimasi biaya

Jika ditotal, berikut perkiraan biaya termurah dan standar liburan ke Jogja selama tiga hari per orang.
Transportasi kereta berangkat pulang: Rp250.000 x 2 = Rp500.000
Penginapan hotel: Rp100.000 x 2 = Rp200.000
Makan: Rp15.000 x 6 = Rp90.000
Tiket Masuk Tempat Wisata: Rp150.000 - Rp200.000
Transportasi Lokal (Sewa Motor): Rp60.000 x 3 = Rp180.000
 
Total perkiraan biaya untuk liburan ke Yogyakarta selama tiga hari berada di kisaran Rp1.170.000 hingga Rp1.220.000 per orang. Tentunya biaya ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada pilihan tempat makan, penginapan, dan tempat wisata.
 
Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan Yogyakarta, mulai dari kekayaan budaya hingga wisata alam. Liburan ke Jogja tetap seru dan terjangkau jika direncanakan dengan baik.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024