Kuta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) akan membangunkan kandang kuda (stable) dan menyalurkan kuda ke semua pengurus provinsi (Pengprov) olahraga berkuda, yang sudah dikaji dalam Pramusyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PP Pordasi di Hotel Discovery, Kuta, Bali, pada 25-27 Oktober.

"Ini kan kebijakan Pak Aryo (Djojohadikusumo, Ketua Umum PP Pordasi. Bisa dilaksanakan seperti bantuan kuda pejantan untuk pengprov supaya pembinaan olahraga berkuda di daerah lebih maju," kata Sekretaris Pordasi Jawa Barat Yeyen Rusyana Diyan kepada pewarta.

Menurut dia, jika daerah mendapat bantuan bibit unggul kuda pacu dan equestrian, maka pemerataan kualiatas olahraga kuda berjalan signifikan di Indonesia.

Baca juga: PP Pordasi gelar pre-munaslub bahas penyempurnaan AD/ART

Yeyen mengatakan pra-munaslub PP Pordasi juga membahas program-program kerja prioritas dalam kurang lebih satu tahun ke depan, termasuk mengenalkan panahan berkuda yang masuk cabang eksibisi pada PON 2024 dan dipertandingkan pada PON 2028.

Aryo Djojohadikusumo sendiri mengungkapkan Presiden Prabowo Subianto menginginkan berkuda bersaing dalam Olimpiade Los Angeles 2028.

Untuk sampai ke sana, Aryo berjanji membangunkan stable yang merata di setiap daerah dan menyalurkan kuda ke setiap pengurus provinsi.

Baca juga: Sebanyak 180 ekor kuda ramaikan kejuaraan KHI Jogja Istimewa 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024