Jakarta (ANTARA) - Dinas Psikologi TNI AU dan Asosiasi Psikologi Penerbangan Indonesia (APPI) membuka layanan pendampingan psikologi gratis untuk anak muda demi mencegah aksi bunuh diri di kalangan remaja.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kepedulian kepada kesehatan mental di masyarakat terutama bagi kalangan remaja," seperti dikutip siaran pers resmi TNI AU yang diterima ANTARA, Senin.

Kegiatan yang bertajuk Our Mind-Our Health itu digelar di Lapangan Olahraga Koopsudnas dan Koopsud I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (27/10).

Dalam siaran pers tersebut, dijelaskan TNI AU dan APPI terdorong menggelar kegiatan ini lantaran melihat fenomena maraknya aksi bunuh diri yang dilakukan para remaja.

Salah satu yang menjadi pendorong kalangan anak remaja melakukan bunuh diri yakni faktor psikologis. Karenanya, TNI AU dan APPI berupaya hadir untuk melayani para remaja yang memiliki permasalahan psikologis.

Dalam kegiatan ini, TNI AU dan APPPI memberikan beberapa pendampingan diantaranya screening kondisi kesehatan mental, layanan konseling, serta aksi dukungan terhadap pencegahan masalah kesehatan mental.

Dengan adanya kegiatan ini, TNI AU dan APPI berharap dapat memperkecil angka bunuh diri terutama di kalangan remaja.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menunjukkan lebih dari 700 ribu orang meninggal akibat bunuh diri setiap tahun. Sedangkan di Indonesia, berdasarkan data dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menunjukkan, angka kematian akibat bunuh diri pada tahun 2023 meningkat menjadi 1.350 kasus, dari 826 kasus pada tahun sebelumnya.

Sementara berdasarkan Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan, lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun di Indonesia mengalami gangguan mental emosional.
Baca juga: KSAU persiapkan SDM mumpuni untuk perkuat satuan ruang angkasa
Baca juga: TNI AU didik personel bidang teknologi untuk perkuat pertahanan siber

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024