Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menyebutkan peran pemuda dalam membangun sektor digital nasional dapat membawa kemajuan bagi bangsa.

Agar hal itu dapat tergenapi di Indonesia, Meutya mengajak para pemuda Indonesia dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Indonesia untuk dapat mengambil bagian dan memajukan lanskap industri digital di Tanah Air.

“Pemerintah mengajak, memanggil pemuda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam visi Indonesia yang cerdas digital, inklusif, dan aman. Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita semua bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang unggul di era digital,” kata Meutya dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 di Kantor Kementerian Komdigi, Jakarta Pusat, Senin.

Baca juga: Meutya Hafid fokus ruang digital aman hingga pemerataan internet

Dalam mendukung kemajuan sektor digital nasional, Meutya menjelaskan beberapa langkah yang diambil Kementerian Komdigi di bawah kepemimpinannya.

Pertama dimulai dari pemerataan akses internet ke daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) agar akses informasi dan teknologi lebih setara di seluruh pelosok Indonesia.

Tidak hanya itu, literasi digital juga bakal lebih digiatkan ke daerah-daerah tersebut agar pemanfaatan akses internet bisa lebih optimal memajukan bangsa.

Baca juga: Pakar UI: Era AI dan keamanan data jadi tantangan Menkomdigi baru

“Kita juga harus mengajak pemuda yang berada di daerah maju untuk mendukung pemuda di wilayah 3T agar bisa berkembang bersama,” katanya.

Meutya Hafid berharap pelibatan peran aktif pemuda dalam industri digital di Indonesia dapat menjadi wujud realisasi tema peringatan tahun ini yaitu “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Menutup pesannya, Menkomdigi mengajak seluruh pemangku kepentingan dan sivitas Kementerian Komdigi untuk menghadapi perubahan besar di lanskap digital.

Baca juga: Pengamat: Meutya Hafid mampu perkuat keamanan siber di Kemenkomdigi

“Mari kita jalankan tugas ini bersama-sama dengan penuh semangat dan komitmen. Inilah saatnya kita membuat perubahan yang berarti untuk negeri kita tercinta,” begitu ajak Menkomdigi Meutya. 

Dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tampak hadir Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria dan Angga Raka Prabowo serta pejabat tinggi Madya dan Pratama Kementerian Komdigi.

Baca juga: Menkomdigi instruksikan efisiensi dan inovasi untuk transformasi baru

Baca juga: Meutya Hafid akan lanjutkan program strategis Budi Arie

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024