Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI dari Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Koops Habema di sela-sela patroli membantu warga Kampung Ainod, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, menerangi hunian mereka dengan memasang lampu bertenaga surya di rumah-rumah serta jalan utama.

Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Habema Brigjen TNI Lucky Avianto saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa aksi pemasangan lampu itu bagian dari program Papua Terang yang rutin dilaksanakan oleh prajurit di sela-sela tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobile RI-PNG di wilayah Papua Barat Daya.

"Kegiatan Papua Terang di Kampung Ainod merupakan upaya TNI memberikan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua," kata Pangkoops Habema.

Dalam siaran resmi Koops Habema yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin, Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif Para Raider 501 Letkol Inf. Yakhya Wisnu Arianto menjelaskan bahwa aksi pemasangan lampu itu merupakan upaya prajurit memenuhi kebutuhan warga Kampung Ainod terutama pada malam hari.

"Sejak penugasannya di Papua, para prajurit TNI mengamati perkembangan wilayah Kampung Ainod sejak tugas dimulai. Faktor penerangan area umum, khususnya jalan dan halaman tempat tinggal warga merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat Ainod untuk memperlancar aktivitas pada malam hari," kata Dansatgas Yonif Para Raider 501.

Baca juga: Delapan pucuk senpi diserahkan ke Yonif 501/Kostrad
Baca juga: Satgas Koops Habema borong hasil tani saat patroli di Papua Tengah


Oleh karena itu, prajurit Satgas Yonif 501 yang berjaga di sekitar Ainod rutin bertemu tokoh masyarakat dan pimpinan kampung setempat selama beberapa hari untuk berdiskusi mengenai kebutuhan lampu untuk penerangan serta lokasi pemasangan.

Prajurit TNI bersama warga Kampung Ainod memasang lampu-lampu bertenaga surya (solar cell) di rumah-rumah dan jalanan utama, Minggu (27/10). Dansatgas Yonif 501 menyebut berkat kerja sama itu pemasangan lampu-lampu berjalan lancar dan rampung lebih cepat dari rencana.

Selepas itu, prajurit TNI dan warga menguji coba lampu-lampu tersebut, dan hasilnya rumah-rumah warga dan beberapa titik jalanan utama di Kampung Ainod terang pada malam hari.

Waipan Murib, salah satu tokoh masyarakat di Kampung Ainod, berterima kasih atas program Papua Terang yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 501.

"Kami senang honai (rumah) dan jalan sudah terang. Tuhan memberkati TNI," kata Waipan, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Koops Habema.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024