Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengajak kaum generasi muda di seluruh Indonesia agar memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan prestasi di berbagai bidang pembangunan di Tanah Air.

"Dengan (jumlah) 46 juta pemuda Indonesia, semangat ini diharapkan menjadi kekuatan pendorong untuk mengantarkan bangsa ke puncak prestasi dan berjaya di tingkat global," ujar Dito Ariotedjo dalam upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 di Kantor Kemenpora di Jakarta, Senin.

Menteri berusia 34 tahun itu mengajak seluruh generasi muda Indonesia agar bergerak bersama untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Raya.

Hal itu sejalan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 kali ini yaitu "Maju Bersama Indonesia Raya".

Dalam kesempatan itu, Menpora juga merilis pedoman pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024. Pedoman tersebut berisikan tema, logo, teks, hingga panduan upacara Hari Sumpah Pemuda 2024.

Tema utama "Maju Bersama Indonesia Raya" mengandung pesan yang kuat tentang sinergi dan kolaborasi. Terdapat beberapa sub tema yang juga dirilis untuk peringatan HSP 2024 yaitu pemuda peduli gizi anak Indonesia untuk generasi sehat dan produktif, pemuda Indonesia bersatu dalam kebhinekaan berjuang dalam keindonesiaan.

Selain itu, pemuda Indonesia sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter, transformasi pemuda pada pendidikan, kesehatan, kepemimpinan, sosial budaya, teknologi, dan ekonomi sebagai energi pemuda majukan Indonesia, serta wujudkan pemuda yang maju, mandiri, dan profesional

Sementara itu, logo yang diluncurkan menampilkan tiga pemuda dengan warna berbeda yang sedang mengibarkan bendera Merah Putih. Di bawah logo terdapat tulisan angka 96 yang melambangkan usia Hari Sumpah Pemuda.

Logo tersebut memiliki makna antara lain ragam pemuda (tiga pemuda dengan warna berbeda mewakili keberagaman yang mampu maju bersama untuk Indonesia Raya), Merah Putih dinamis (mewakili Indonesia yang bergerak dinamis menuju kemajuan bangsa dan keemasan Indonesia), lompatan tertinggi (posisi para pemuda yang melompat menunjukkan kemampuan pemuda untuk memacu Indonesia ke tempat lebih tinggi).

Kemudian cornsilk (warna seperti serabut jagung menandakan usia pemuda yang masih "seumur jagung" namun menjadi sumber kehidupan), emas muda (warna mewakili potensi emas pemuda Indonesia untuk keberlangsungan bangsa di masa mendatang), dan emas (representasi harapan menuju Indonesia Emas 2045).

"Peluncuran logo dan tema ini bukan sekadar simbol, tetapi nyala api semangat yang akan membakar jiwa pemuda Indonesia menuju masa depan emas! Bersama, kita akan melangkah lebih jauh, lebih tinggi, demi Indonesia Raya," demikian Dito Ariotedjo.

Baca juga: Menpora beri dukungan untuk juara WorldSSP300 Aldi Mahendra

Baca juga: Menpora sebut Indonesia Pingpong League bangkitkan tenis meja

Baca juga: Dito sebut fasilitas Cibubur bakal dilengkapi sekolah dan rumah sakit

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024