Nanning (ANTARA) - Pelabuhan Qinzhou, pelabuhan gerbang antara China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), mengalami lonjakan 70 kali lipat dalam ekspor suku cadang kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) selama lima tahun terakhir, menurut data dari China Railway Nanning Group Co., Ltd.

Hingga 22 Oktober, 11.370 TEU (twenty-foot equivalent unit/TEU) kontainer berisi suku cadang NEV dari Liuzhou, sebuah kota pedalaman di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, telah dikirim dari Pelabuhan Qinzhou sepanjang tahun ini, tunjuk data tersebut. Dibandingkan dengan total muatan tahunan 160 TEU kontainer pada 2019, ini merupakan peningkatan sebesar 70 kali lipat selama lima tahun.
 
   Foto drone udara yang diambil pada 24 Oktober 2024 menunjukkan sebuah kapal kontainer yang membawa suku cadang kendaraan energi baru (NEV) di Pelabuhan Qinzhou di Qinzhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan. ANTARA/Xinhua/Zhang Ailin


Ekspor suku cadang otomotif dari SAIC-GM-Wuling (SGMW) yang berbasis di Liuzhou, sebuah perusahaan patungan antara SAIC Motor, General Motors, dan Liuzhou Wuling Motors, telah meluas dari cakupan awal negara-negara Asia Tenggara menjadi lebih dari 40 negara dan wilayah, termasuk negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan, serta Timur Tengah.   Liuzhou memiliki industri NEV yang berkembang pesat, dan deretan NEV berukuran kecil yang berwarna-warni di kota tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri bagi Liuzhou.

Untuk melayani kebutuhan transportasi perusahaan NEV lokal dengan lebih baik, otoritas perkeretaapian meluncurkan layanan kereta antarmoda rel-laut yang baru pada Juli tahun ini. Dua kereta sekarang dioperasikan secara rutin setiap Senin dan Kamis, menghemat lebih dari lima jam waktu tempuh transportasi secara keseluruhan dibandingkan dengan sebelumnya.

 Liuzhou memiliki industri NEV yang berkembang pesat, dan deretan NEV berukuran kecil yang berwarna-warni di kota tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri bagi Liuzhou

Kawasan Pelabuhan Qinzhou menetapkan daerah tersebut sebagai pelabuhan gerbang tingkat tinggi yang memfasilitasi transportasi kargo antara China dan ASEAN. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024