Jakarta (ANTARA) - Crystal Palace meraih kemenangan perdana mereka di ajang Liga Inggris dengan menaklukkan Tottenham 1-0 pada pekan ke-9 di Stadion Selhurst Park, London, Minggu waktu setempat.

Pada pertandingan ini, kemenangan Crystal Palace hadir berkat gol semata wayang Jean-Philippe Mateta ketika babak pertama, demikian catatan Premier League.

Kemenangan ini membuat Crystal Palace naik ke peringkat ke-17 klasemen sementara Liga Inggris dengan enam poin dari sembilan laga, sedangkan Tottenham tertahan di posisi delapan dengan 13 poin.

Secara statistik Crystal Palace lebih banyak menciptakan peluang dengan melepaskan 14 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran, sedangkan Tottenham unggul penguasaan bola lewat 67 persen.

Pada babak pertama, kedua tim berupaya untuk menciptakan ancaman terlebih dahulu, akan tetapi baik Crystal Palace dan Tottenham belum ada yang membahayakan.

Crystal Palace menciptakan peluang terlebih dahulu lewat sundulan Maxence Lacroix setelah menerima umpan dari Will Hughes, namun bola masih menyamping dari gawang Tottenham.

Skuad asuhan Olivier Glasner kembali mendapatkan peluang, kali ini lewat tendangan dari Ismaila Sarr yang masih mengarah tepat ke pelukan kiper Tottenham Guglielmo Vicario.

Baca juga: Chelsea kembali ke jalur kemenangan setelah tekuk Newcastle 2-1

Baca juga: Liverpool gagal ke puncak klasemen setelah ditahan imbang Arsenal 2-2


Crystal Palace akhirnya mampu mendapatkan keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-31 setelah umpan Eberechi Eze dapat dikonversikan menjadi gol oleh Jean-Philippe Mateta sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tottenham berbalik memberikan ancaman dan mendapatkan peluang lewat sontekan Brennan Johnson, namun bola dapat diblok oleh kiper Crystal Palace Dean Henderson.

Skuad asuhan Ange Postecoglou terus menggempur lini pertahanan Crystal Palace, namun hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Tottenham langsung mengambil inisiatif menyerang dan mendapatkan peluang lewat tendangan James Maddison yang masih dapat diamankan Dean Henderson.

Crystal Palace tak tinggal diam dan berbalik memberikan ancaman melalui tendangan dari Sarr, namun Guglielmo Vicario dapat menghalau bola walau selanjutnya ada serangan lanjutan dari sepakan Daniel Munoz.

The Palace kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui tendangan dari luar kotak penalti Adam Wharton, akan tetapi Guglielmo Vicario kembali melakukan penyelamatan.

Pada sisa waktu pertandingan, Crystal Palace berupaya untuk mempertahankan keunggulan dan hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk keunggulan mereka tetap bertahan.

Crystal Palace selanjutnya pada pekan ke-10 Liga Inggris dijadwalkan menghadapi Wolves, Sabtu (2/11), sedangkan Tottenham menjamu Aston Villa, sehari setelahnya.

Baca juga: Manchester United telan kekalahan keempat setelah ditekuk West Ham

Baca juga: Aston Villa dan Brighton ditahan imbang, Brentford menang dramatis

Baca juga: Gol cepat Haaland antar Manchester City puncaki klasemen

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024