Jakarta (ANTARA) - Chelsea kembali ke jalur kemenangan setelah menekuk Newcastle 2-1 pada pekan ke-9 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu malam waktu setempat.

Pada pertandingan ini kemenangan Chelsea hadir berkat gol dari Nicolas Jackson dan Cole Palmer, sedangkan Newcastle sempat menyamakan kedudukan melalui Alexander Isak, demikian catatan Premier League.

Hasil ini membuat Chelsea kembali ke posisi lima klasemen sementara Liga Inggris dengan 17 poin dari sembilan laga, sedangkan Newcastle tertahan di peringkat 12 dengan 12 poin.

Secara statistik Chelsea unggul tipis atas Newcastle dalam penguasaan bola dengan mencatatkan 51 persen, namun dominan dalam menciptakan peluang lewat 17 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Chelsea langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini dan sempat unggul cepat lewat gol Cole Palmer, namun dianulir oleh VAR karena pemain asal Inggris tersebut lebih dulu berada dalam posisi offside.

Skuad asuhan Enzo Maresca akhirnya benar-benar mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-18 setelah umpan silang dari Pedro Neto dapat dikonversikan menjadi gol oleh Nicolas Jackson sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Liverpool gagal ke puncak klasemen setelah ditahan imbang Arsenal 2-2

Newcastle dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-32 berkat umpan silang dari Lewis Hall dapat disambut Alexander Isak yang berhasil lolos dari jebakan offside sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, Chelsea mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Cole Palmer sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-47.

Kembali tertinggal, Newcastle berupaya untuk menyamakan kedudukan dan sempat memiliki peluang emas lewat pergerakan Isak yang mampu melewati kiper Chelsea Robert Sanchez, namun pemain asal Swedia tersebut gagal melepaskan tendangan.

Newcastle kembali memiliki peluang, kali ini melalui sundulan yang dilepaskan pemain belakang Fabian Schar, akan tetapi bola masih belum menemui sasaran.

Chelsea berbalik memberikan ancaman tendangan yang dilepaskan oleh Mykhailo Mudryk, namun bola dapat diamankan kiper Newcastle Nick Pope. Selanjutnya ada peluang dari Christopher Nkunku, namun sundulannya masih menyamping dari gawang.

Pada sisa waktu pertandingan, Chelsea lebih sering menciptakan peluang dibanding Newcastle dan skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Selanjutnya pada pekan ke-10 Liga Inggris, Chelsea dijadwalkan menghadapi Manchester United, Minggu (3/11), sedangkan Newcastle akan menjamu Arsenal, sehari sebelumnya.

Baca juga: Gol cepat Haaland antar Manchester City puncaki klasemen

Baca juga: Aston Villa dan Brighton ditahan imbang, Brentford menang dramatis

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024