Jakarta (ANTARA) - Liverpool gagal kembali ke puncak klasemen sementara setelah ditahan imbang Arsenal 2-2 pada pekan ke-9 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Senin dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, terjadi jual beli gol di antara kedua tim dan Arsenal sempat unggul terlebih dua kali lewat Bukayo Saka dan Mikel Merino, demikian catatan Premier League.

Meskipun begitu, Liverpool juga mampu dua kali menyamakan kedudukan melalui Virgil van Dijk dan Mohamed Salah dan memaksakan hasil imbang 2-2 pada pertandingan ini.

Hasil ini membuat Liverpool masih tertahan di peringkat kedua dengan 22 poin dari sembilan pertandingan, berjarak empat poin dari Arsenal di posisi ketiga.

Secara statistik Liverpool sedikit lebih unggul dibanding Arsenal pada pertandingan ini dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola serta melepaskan sembilan tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Arsenal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan berhasil menciptakan gol cepat ketika laga berjalan sembilan menit lewat gol Bukayo Saka.

Berawal dari umpan akurat yang dikirimkan Ben White, bola dapat diterima Saka dan pemain asal Inggris tersebut selanjutnya membobol gawang dari Liverpool yang dijaga Caoimhin Kelleher sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Aston Villa dan Brighton ditahan imbang, Brentford menang dramatis

Liverpool tak tinggal diam dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-18 setelah sepak pojok dari Trent Alexander-Arnold dapat disundul Luis Diaz dan mengarah ke Virgil van Dijk yang lalu mencetak gol sehingga skor menjadi sama kuat 1-1.

Dua menit sebelum waktu normal babak pertama usai, Arsenal berhasil kembali unggul 2-1 setelah tendangan bebas Declan Rice dapat disambut oleh sundulan Mikel Merino dapat membobol gawang dari Liverpool. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool yang menciptakan peluang terlebih dahulu lewat tendangan yang dilepaskan oleh Mohamed Salah, namun bola dapat diamankan kiper Arsenal David Raya.

Liverpool kembali berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-81 setelah umpan tarik dari Darwin Nunez dapat disambut tendangan Salah yang selanjutnya membobol gawang dari David Raya.

Arsenal berupaya untuk mencari gol kemenangan setelah skor kembali sama kuat, salah satunya melalui tendangan Gabriel Jesus yang masih dapat diamankan oleh Kelleher.

Pada sisa waktu pertandingan, kedua tim berupaya untuk mencari gol kemenangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-2 untuk hasil imbang Arsenal dan Liverpool tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan ke-10 Liga Inggris, Arsenal dijadwalkan bertandang ke markas Newcastle, Sabtu (2/11), sedangkan Liverpool menjamu Brighton, di hari yang sama.

Baca juga: Gol cepat Haaland antar Manchester City puncaki klasemen

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024