Kami akan mendorong shopping mall-shopping mall di Jakarta dalam kendali gubernur agar kewajiban 30 persen toko-toko memamerkan produk UMKM itu dipatuhi
Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) - Suswono (RIDO) akan mendorong pusat perbelanjaan atau mall di Jakarta untuk memamerkan produk UMKM sebesar 30 persen.

RIDO menyatakan keseriusannya terkait program tersebut dengan memberikan sanksi apabila pihak angka tersebut tidak terpenuhi.

Baca juga: Pramono fokuskan dana Rp300 miliar bagi UMKM yang diinisiasi perempuan

"Kami akan mendorong shopping mall-shopping mall di Jakarta dalam kendali gubernur agar kewajiban 30 persen toko-toko memamerkan produk UMKM itu dipatuhi," kata RK di Jakarta Utara, Minggu malam (27/10).

Kendati demikian, RK mengatakan produk UMKM yang akan dimasukkan ke mall-mall Jakarta tak sembarangan. Produk-produk UMKM akan dikurasi terlebih dahulu oleh para komunitas-komunitas.

"Tidak semua produk lokal itu presentable (layak ditampilkan) untuk di kelas mall. Namun kalau diserahkan ke individu, banyak kendala. Jadi strategi kita adalah mengumpulkan (produk UMKM) ke komunitas, mereka yang meng-kurasi,” kata RK.

Baca juga: Kelas menengah terhimpit situasi ekonomi, Kun janji dorong UMKM tumbuh

Sementara tugas gubernur, lanjutnya, adalah memastikan presentasi produk UMKM menuju 30 persen tersebut dipenuhi. RK mengatakan program ini merupakan bentuk keberpihakan pasangan RK - Suswono pada pelaku UMKM.

RK mengaku mendapatkan inspirasi program tersebut saat sedang berkunjung ke luar negeri dan mendapati sebuah mall yang menjual aneka produk-produk lokal yang menarik.

“Saya pernah ke Korea, ada suatu mall 5 lantai, isinya produk Korea semua, keren. Saya beli banyak buat istri saya, dia happy. Inspirasinya salah satunya bisa membuat produk lokal jadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata RK.

Baca juga: Ini janji ketiga cagub Jakarta pada UMKM untuk lindungi produk lokal

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024