Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-17 Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 2025 setelah bermain imbang tanpa gol saat melawan Australia pada laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Abdullah Al Khalifa, Kuwait, Minggu malam.

Hasil tersebut membuat Indonesia berhasil menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik di kualifikasi setelah mendapatkan empat poin dari pertandingan melawan peringkat pertama dan kedua Grup G yakni Australia dan Kuwait.

Sesuai regulasi kualifikasi, poin yang dihitung untuk mengisi satu tempat di peringkat kedua terbaik adalah hasil dari laga melawan tim posisi pertama dan ketiga grup.

Dengan demikian, kemenangan 10-0 Indonesia atas Kepulauan Mariana Utara, tim peringkat keempat atau terbawah di Grup G, tidak berpengaruh.

Adapun Australia mengunci tempat di Piala Asia U-17 2025 sebagai juara Grup G. Mereka mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan dengan selisih gol +21.

Sementara Indonesia berada di peringkat kedua juga dengan total tujuh poin dari tiga laga tetapi cuma memiliki selisih gol +11.

Indonesia terakhir kali berpartisipasi di Piala Asia U-17, sebelumnya bernama Piala Asia U-16, adalah pada tahun 2018, di mana ketika itu skuad belia Garuda mencapai babak perempat final.

Total, termasuk yang terkini, Indonesia sudah tujuh kali berpartisipasi di Piala Asia U-17/U-16.
 

Pemain tim nasional U-17 Indonesia. ANTARA/HO-PSSI

Pada pertandingan melawan Australia, timnas U-17 Indonesia yang menurunkan para pemain terbaiknya termasuk bek kelahiran Australia Mathew Baker sejatinya tertekan sejak menit pertama.

Namun, Indonesia dapat membuat beberapa peluang seperti pada menit ke-13 di mana tendangan Muhamad Gholy dari luar kotak penalti ditepis oleh kiper Australia Jai Ajanovic.

Gholy kembali mendapatkan kesempatan yakni pada menit ke-15 tetapi tendangannya di dalam kotak penalti mampu ditahan oleh bek Australia.

Empat menit kemudian, Australia menciptakan peluang emas yang membuat bek Indonesia Fabio Azkairawan harus menyapu bola di garis gawang.

Penyerang Australia Anthony Didulica berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Indonesia Dafa Al Gasemi pada menit ke-33. Namun, Dafa mampu mengeblok tendangan Anthony dengan baik.

Dafa melakukan penyelamatan penting berikutnya pada menit ke-36 yang membuat babak pertama tuntas dengan skor sama kuat tanpa gol.

Pada paruh kedua, Indonesia dan Australia tampil hati-hati. Pada menit ke-62, bek Daniel Alfrido mencoba peruntungan dengan melepaskan sepakan yang masih melambung di atas gawang Australia.

Setelah itu, nyaris selama lebih dari 20 menit pertandingan seolah-olah terhenti. Australia hanya mengoper-oper bola di area pertahanan yang dilakukan oleh para beknya.

Pemain-pemain Indonesia pun tidak mencoba mengejar bola tersebut. Keadaan seperti itu terus berlangsung sampai pertandingan usai yang membuat laga imbang dengan skor kacamata.

Baca juga: Timnas U-17 Indonesia imbang 0-0 dengan Australia babak pertama

Baca juga: Timnas U-17 Indonesia diperkuat pemain andalan kontra Australia

Baca juga: Lucas: Mental bisa bantu timnas Indonesia U-17 kalahkan Australia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024