Jakarta (ANTARA) - Indonesia mendapat sambutan positif saat mempresentasikan kesiapan sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik ke-53 2025, pada Kongres Federasi Gymnastik Internasional (FIG) 2024 di Doha, Qatar, Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani), Ita Yuliati, menjelaskan kesiapan tuan rumah dalam menyambut atlet, delegasi, dan keluarga besar senam dunia di Kejuaraan Dunia Senam Artistik Jakarta 2025.

“Kejuaraan Dunia Senam Artistik akan menjadi momen bersejarah untuk Indonesia dan Asia Tenggara, sebagaimana kami bangga untuk menjadi negara pertama di regional yang menyelenggarakan kompetisi gymnastics kelas dunia. Ini bukan hanya milestone untuk senam Indonesia tapi juga menjadi batu loncatan untuk meningkatkan posisi kami di panggung dunia,” kata Ita seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Baca juga: Menpora bahas kesiapan kejuaraan dunia senam dengan FIG dan PB Persani

“Saya tidak hanya berbicara atas nama PB Persani, tetapi hadir juga bersama kita perwakilan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ujar Ita.

Pada acara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyani Sri Suhartuti.

Mulyani mengatakan pemerintah Indonesia merasa terhormat dapat terlibat di Kongres FIG 2024. Terlebih ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen mendukung pembinaan olahraga. Penyelenggaraan Kejuaraan Dunia tak hanya menunjukkan komitmen kami menghelat event olahraga kelas dunia, tetapi juga menunjukkan dedikasi kami dalam meningkatkan cabang olahraga senam di semua level,” kata Mulyani.

Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025 akan diselenggarakan di Indonesia Arena, Jakarta, pada 19 sampai 25 Oktober tahun depan. Diperkirakan sekira 500 atlet dari 60 negara akan ambil bagian pada kejuaraan bergengsi ini.

Baca juga: Persani berharap pemerintah baru memperhatikan sarana prasarana senam

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024