segala sesuatu yang terkait pemberian asi eksklusif itu perlu didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara riil
Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur nomor urut tiga pada Pilkada Jakarta 2024 Pramono Anung menyatakan akan mengatasi stunting lewat aksi seribu pertama kehidupan dan serangkaian aksi lainnya yang sedang dipersiapkan.

"Yang paling penting jangan sampai bayi itu terkena stunting, karena di Jakarta masih cukup tinggi sekitar 14 persen," kata Pramono dalam debat kedua Pilkada DKI 2024 di Jakarta, Minggu malam.

Baca juga: Dharma pertanyakan kebijakan Rano Karno terhadap masyarakat Baduy

Menurut dia, penanganan stunting sudah tertuang dalam Undang-Undang nomor 4 tahun 2024 tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak, di mana salah satunya mengenai menjaga bayi dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

Ia mengatakan segala sesuatu yang terkait pemberian asi eksklusif itu perlu didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara riil.

Pramono melanjutkan  aksi-aksi yang harus dilakukan Pemprov DKI Jakarta yaitu harus menyediakan tempat penitipan anak (daycare), ruang laktasi, dan posyandu.

Baca juga: Cek fakta, Suswono sebut 98 persen pangan Jakarta dipasok dari luar kawasan

"Aksi-aksi tadi harus dijalankan untuk mencegah stunting," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua, yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Baca juga: Soal sistem zonasi sekolah, Suswono: sudah tepat 

Peserta debat tersebut adalah pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Sedangkan debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024