Jakarta (ANTARA) - Calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 nomor urut tiga (3) Rano Karno berencana kembali membuka stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) terapung di Kabupaten Kepulauan Seribu guna menyelesaikan masalah transportasi masyarakat di sana.

"Transportasi di Kepulauan Seribu itu transportasi antarpulau, itu masalah. Kalau kami jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, SPBU terapung akan kami adakan lagi," kata dia dalam debat kedua Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta, Minggu.

Menurut Rano yang akran disapa "Si Doel" itu, saat ini tak ada lagi SPBU terapung di Kepulauan Seribu, sehingga masyarakat setempat tak bisa mudah bertransportasi karena bahan solar tak tersedia.

"Sekarang di sana tidak ada SPBU terapung. Jadi, bagaimana mereka bisa menggunakan transportasi, kalau solar tidak ada. Itu harapan mereka agar transportasi laut dan air bersih harus ada solusinya," ujar Rano.

Menurut informasi yang dihimpun, terdapat SPBU Apung di Kepulauan Seribu yang mulai beroperasi sejak Juli hingga Desember 2021 untuk nelayan di perairan Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

Baca juga: Tiga cagub Jakarta sepakat ruang laktasi bantu ibu beri ASI eksklusif

Kemudian SPBU itu berhenti melakukan pelayanan karena perpanjangan kontrak penggunaan kapal pengangkut terhenti.

SPBU Apung lalu kembali menyediakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar untuk nelayan pada Januari 2022.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengadakan debat kedua calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Baca juga: Ini janji ketiga cagub Jakarta pada UMKM untuk lindungi produk lokal

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".

Debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024