Jakarta (ANTARA) - Komunitas Indonesian Women Paddler (IWP) melakukan pembersihan sampah di hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental.

Pembersihan area hutan mangrove dengan kayak dan kano itu merupakan kegiatan pertama yang dilakukan komunitas perempuan penggemar olahraga paddling itu.

"Tidak hanya kita bisa melakukan hobi kita untuk mendayung (paddling), tapi kita juga bisa menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Jadi bermanfaat," kata salah satu Founder IWP Tense Manalu yang ditemui di Jakarta Utara, Minggu.

Bagi Tense, kesehatan mental bisa dijaga dengan melakukan hal-hal kecil termasuk menjaga kebersihan dan berolahraga.

Menurut dia, seseorang tidak serta merta sehat secara mental walaupun sering melatih fisiknya.

"Menjaga kebersihan, olahraga dan kesehatan mental itu ada hubungannya. Karena kita mencoba melakukan sesuatu yang berguna yang bakal berdampak ke masa depan kita nantinya," katanya.

Baca juga: Pemprov DKI bersihkan tumpukan sampah di Pantai Mangrove Muara Angke
Baca juga: Sampah Pantai Mangrove Muara Angke diperkirakan dari daerah lain

 
Peserta pembersihan hutan Mangrove dengan Kayak dan Standing Up Paddlingboard (SUP) di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Minggu (27/10/2023). (ANTARA/Yamsyina Hawnan)

Kegiatan pembersihan area hutan mangrove dihadiri oleh anggota dari IWP dan sejumlah personel Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk.

Dalam waktu dua jam, sebanyak empat karung sampah plastik sudah berhasil dikumpulkan dan dipilah langsung oleh TWA Angke Kapuk.

"Karena Indonesia itu adalah negara bahari yang sangat luas, pastinya di laut itu banyak sampah yang terakumulasi. Jadi kedepannya orang yang belum pernah mendayung pun akan kita ajak, nanti sambil kita lakukan kegiatan yang positif," kata Tense.

Ia berharap kegiatan pembersihan area perairan mangrove bisa menjadi inspirasi untuk komunitas lainnya untuk menjaga alam.

Sejumlah peserta dari berbagai rentang usia dan latar belakang yang merupakan penggemar olahraga kayak maupun "stand up paddleboarding" (SUP) ikut meramaikan kegiatan pembersihan area hutan mangrove atau bakau.

Dilengkapi dengan penjepit dan keranjang sampah, tidak kurang dari 30 kayak dan SUP menyusuri perairan di area hutan mangrove untuk mengumpulkan sampah.

Pewarta: Ade irma Junida/Yamsyina Hawnan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024