Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur nomor urut 3 pada Pilkada Jakarta 2024 Pramono Anung mengatakan bahwa untuk meningkatkan kembali pamor Pasar Tanah Abang perlu adanya promosi yang lebih kuat dan memperbaiki pemasaran.

"Pengalaman saya ke Tanah Abang, saya melihat secara langsung bagaimana kompetisi produk lokal dan impor," kata Pramono dalam debat kedua Pilkada DKI 2024 di Jakarta, Minggu malam.

Menurut dia, untuk kembali membangkitkan Pasar Tanah Abang yang merupakan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara itu telah disiapkan tiga program. Yaitu memperkuat promosi produk lokal agar bisa bertarung dan bersaing di global.

Ia menyatakan bahwa ketika datang ke Tanah Abang, didapati bahwa pedagang harus bersaing dengan penjual daring yang harganya jauh lebih murah.

Baca juga: Rp300 miliar disiapkan Pramono untuk permodalan UMKM Jakarta

Selanjutnya pelatihan kepada pedagang "Kemasan perlu dibuat bagus dan pemasaran diperbaiki dengan demikian bisa menjadi produk yang bisa bertarung di luar," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat permodalan bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang dengan menyediakan anggaran Rp300 miliar agar para pedagang atau pelaku UMKM bisa mandiri.

"Apabila diperlukan maka pemerintah harus hadir untuk memberikan subsidi yang terbuka yang adil agar bisa bertarung. Saya sudah melihat langsung di Tanah Abang dan ini yang akan kami lakukan," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu malam.

Baca juga: Pramono siapkan program sarapan gratis untuk siswa Jakarta

Tema yang diangkat dalam debat kedua, yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Sedangkan debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024