Kami siapkan program Getok Tular Adab
Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 nomor urut dua (2) Dharma Pongrekun menyatakan kesiapan untuk melindungi produk lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari gempuran produk asing dengan kebijakan Sistem Getok Tular Adab.

“Kami harus melindungi produk lokal dari banyaknya produk asing yang digunakan di Jakarta. Kami siapkan program Getok Tular Adab,” kata Komjen Pol (purn) Dharma Pongrekun dalam debat kedua calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024, di Jakarta, Minggu malam.

Ia mengatakan melalui sistem ini pihaknya akan membina konsumen dan produsen yang ada di Jakarta.

Para konsumen akan dibina dan diajak kompak menggunakan produk yang dihasilkan UMKM dari Jakarta.

“Kami ajak semua kompak mengganti seluruh produk yang digunakan dengan merek lokal,” kata dia.

Baca juga: Pasangan RIDO akan berikan pelatihan digital bagi pedagang 

Selain itu pihaknya akan membina perusahaan besar yang berjuang untuk hidup melalui Tim Ekonomi Adab, termasuk pelaku UMKM yang berjuang mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

“Kami akan bina lewat tim ekonomi adab dan mereka yang ingin meningkat menjadi produsen akan akan dibina dari setiap rumah menjadi industri kecil sehingga ekonomi Jakarta jadi pusaran ekonomi global,” kata dia.

Ia menambahkan dirinya bersama calon wakil gubernur Kun Wardana akan menyiapkan Tim Ekonomi Adab yang akan menyiapkan modal, bahan baku, disain, pemesanan, kontrol kualitas, pengiriman barang hingga penagihan.

“Tim ekonomi adab ini akan diisi oleh guru honorer yang akan mendapatkan tambahan uang tanpa harus mengeluarkan uang subsidi lagi,” kata dia.

Ia menyebut setiap keluarga di DKI Jakarta nantinya akan dibina oleh Tim Ekonomi Adab untuk menghasilkan produk yang dijual kepada warga Jakarta dengan kekompakan dan sifatnya gotong royong.

Baca juga: Pramono janji bangun RS di Cakung hingga buka 500.000 lapangan kerja

“Dengan sistem Getok Tular Adab akan menjadi solusi bagi ekonomi Jakarta,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengadakan debat kedua calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Baca juga: Debat kedua Pilkada Jakarta diharapkan buka cakrawala visi-misi paslon

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".

Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024