berdasarkan data yang ada, setiap yang berdagang via digital pendapatannya naik 26 persen
Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berkomitmen akan memberikan pelatihan digital kepada pedagang yang ada di DKI Jakarta.

"Pasar yang sepi akan kita aktivasi dengan anggaran dari APBD. Supaya  ramai dengan festival, kemudian pedagang-pedagang akan kita latih di bidang digital," kata Ridwan Kamil saat menanggapi pernyataan calon nomor urut 2, Dharma Pongrekun dalam debat kedua di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu malam.

Baca juga: RIDO siapkan program untuk amankan pasokan pangan di Jakarta

Disebutkan berdasarkan data yang ada, setiap yang berdagang via digital pendapatannya naik 26 persen.

"Nah inilah yang harus kita dorong karena Jakarta adalah kota UMKM, hampir 98 persen bisnisnya di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, dirinya akan mendorong shopping mall di Jakarta dalam kendali gubernur agar kewajiban 30 persen toko-toko memamerkan UMKM dipatuhi. Bagi yang melanggar, akan dikenakan sanksi.

Baca juga: Sampaikan visi-misi debat kedua, RIDO siapkan 1 juta lapangan kerja

Kang Emil juga akan membantu mempromosikan produk UMKM melalui media sosial pribadinya.

"Dulu saya mempromosikam dua produk setiap hari di IG (Instagram) story saya kepada 20 juta follower di media sosial," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Baca juga: Pramono janji bangun RS di Cakung hingga buka 500.000 lapangan kerja

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024 mendatang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024