Jakarta (ANTARA) - Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menggelar pameran kesenian dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan 100 Tahun Pendidikan Hukum di Indonesia.

Kegiatan yang bernama Alumni FHUI Art Collector's Show tersebut digelar selama beberapa hari, sejak 25-30 Oktober 2024 di D'Gallerie, Kebayoran Baru, Jakarta.

"Karya-karya yang dipamerkan di sini mencerminkan tidak hanya minat estetika, tetapi juga hubungan mendalam antara kolektor dan karya seni," kata Dekan FHUI Parulian Paidi Aritonang melalui keterangan di Jakarta, Minggu.

Parulian mengatakan pameran ini tidak ditujukan untuk tujuan komersial, tapi untuk memberikan apresiasi yang murni terhadap karya seni dan memperlihatkan ragam karya yang menjadi objek koleksi mereka.

"Pameran ini adalah kegiatan pro bono (gratis) yang menampilkan karya-karya koleksi alumni FHUI, yang berbicara tentang nilai-nilai, pengalaman hidup, serta aspirasi para kolektornya," ujarnya.

Menurut Parulian, kegiatan ini juga menjadi wadah silaturahmi bagi para pecinta karya seni di Indonesia.

Baca juga: Alumi UI ungkap harapan terhadap Rektor UI terpilih kelak

Ia menilai proses mengoleksi karya seni adalah sebuah proses yang kaya akan makna, bukan sekadar akumulasi benda.

Melalui koleksi, sambungnya, para kolektor berupaya menciptakan keteraturan, menemukan hubungan antar-objek, dan membangun narasi yang membantu memahami dunia.

"Karya-karya yang dipamerkan di sini mencerminkan tidak hanya minat estetika, tetapi juga hubungan mendalam antara kolektor dan karya seni," ujarnya.

Diketahui, gelaran tersebut melibatkan sebanyak 23 kolektor karya seni, dan memamerkan sejumlah 30 karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Salah satu di antaranya yakni karya lukisan "Bunga Sepatu" yang dimiliki oleh Wakil Ketua MPR RI Mohammad Eddy Dwiyanto Soeparno.

Pria yang akrab diketahui Eddy Soeparno itu menjelaskan lukisan "Bunga Sepatu" yang dipamerkan dalam kegiatan ini merupakan karya pelukis sekaligus kurator legendaris, Dullah yang dibuat pada tahun 1919, dan diwariskan oleh orang tuanya.

"Seni bisa dipelajari dan ada dalam diri kita dan kita bisa mengembangkannya," tutur Eddy Soeparno.

Baca juga: Alumni FHUI didorong gabung bersama kejaksaan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024