Jakarta (ANTARA) - Kepsek SD Kharisma Bangsa Mikawati mengatakan perlu adanya program khusus yang dipersiapkan oleh sekolah untuk mencetak siswa yang berprestasi baik secara akademik dan nonakademik.

“Perlu ada kelas khusus yang diperuntukkan bagi siswa yang belajarnya lebih cepat, berupa program pengayaan bagi siswa yang mengikuti olimpiade. Program ini bisa dimulai sejak kelas dua SD,” ujar Mikawati di Jakarta, Ahad.

Persiapan untuk menjadi para juara tersebut perlu dilakukan sedini mungkin. Dia menjelaskan pihaknya tidak hanya berfokus pada pendidikan karakter dan pengembangan literasi dan numerasi. Namun juga menyiapkan siswanya untuk bersaing di berbagai kompetisi sains.

Sejumlah siswanya yang baru-baru ini mendapatkan medali perak memenangkan olimpiade matematika di Hongkong International Mathematics Olympiad (HIMO) 2024. Dalam waktu dekat, pihaknya menargetkan siswanya bisa meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD.

Baca juga: Pelajar Indonesia raih delapan Medali di IESO 2024

Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa Muhamad Budiawan menjelaskan sejumlah prestasi ditorehkan siswa dalam ajang OSN yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Medali emas diraih di kategori lomba bidang astronomi dan perunggu untuk bidang ekonomi.

Selain itu sekolah itu juga menorehkan prestasi di ajang lomba internasional seperti di Genius Olympiad 2024 yang digelar di Amerika Serikat dengan meraih 3 emas, 3 perak, dan 8 perunggu. Lalu di STEM Olympiad 2024 di Hague, Belanda, yang mana siswanya meraih 22 medali dan penghargaan

“Sebanyak tujuh siswa kami juga berhasil menjadi penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) program persiapan yang menjembatani para siswanya untuk kuliah di perguruan tinggi ternama,” kata Budiawan

Bahkan salah satu juara siswa-siswi jenius , Clash of Champions (COC), yaitu Axel Giovanni Hartanto merupakan lulusan SMA Kharisma Bangsa. Axel menjadi salah satu peserta COC yang saat ini kuliah di National University of Singapore (NUS). Di kampus itu Axel kuliah di dua program studi berbeda yakni Computer Science dan Matematika.

Prestasi lainnya yakni pada ajang lomba nasional, seperti Laborafest 2024, Green Card Award August Session 2024, Kompetisi Sains Madrasah 2024, Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) 2024, Balaena Sprint Swimming Competition 2024, Jr.NBA 3x3 Tournament juga diraih sekolah itu.

Baca juga: Kisah para siswa ukir prestasi di tengah kendala ekonomi

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024