Kami meluncurkan bersama - sama dengan pihak Koperasi di Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, jadi penerapan pembelian e - Tecketing tersebut sudah berlaku di pelabuhan ini
Ternate (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, mulai menerapkan pembelian tiket speedboat di Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua di Kota Ternate tujuan Pelabuhan Sofifi menggunakan elektronik atau e-ticketing.

"Kami meluncurkan bersama - sama dengan pihak Koperasi di Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, jadi penerapan pembelian e - Tecketing tersebut sudah berlaku di pelabuhan ini," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad di Ternate, Minggu.

Hal ini dilakukan sebagaimana menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE - 33 Tahun 2023 tentang Penerapan Pelayanan Tiket Secara Elektronik (E - Ticketing) pada kapal penumpang di pelabuhan.

Dia mengatakan, keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 177 Tahun 2024 petunjuk teknis penerapan pelayanan tiket secara elektronik, sehingga itu menjadi dasar dari KSOP untuk ditindaklanjuti.

"Pembelian tiket secara manual masih dilayani di loket yang berada di terminal penumpang Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua alasannya, karena masyarakat di daerah ini sebagian tidak memiliki handphone android, terutama orang tua - tua kita, mereka belum memahami namanya tiket online, sehingga pelayanan pembelian tiket manual masih dibuka, agar tidak diprotes dari masyarakat,"ujarnya.

Dia menjelaskan, penerapan E - Ticketing untuk speedboat baru pertama di Maluku Utara, adalah di Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, kedepan di Pelabuhan lain di Kota Ternate, misalnya Pelabuhan Dufa - Dufa, Pelabuhan Kota Baru, Pelabuhan Gamalama dan Pelabuhan Bastiong juga akan diterapkan pula.

"Masyarakat untuk mendapatkan tiket elektronik ini, cukup mengakses di website www.semutmutiara.com, nanti ikuti petunjuk di dalamnya, jika nanti merasa masih bingun silakan ke Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, nantinya melaporkan ke petugas setempat, sehingga mereka akan membantu serta memberikan pemahaman terkait website tersebut,"kata Rushan.

Dia berharap pula para syahbandar di kabupaten dan kota lain di Maluku Utara bisa menerapkannya, sehingga ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dengan muda tanpa harus ke loket penjualan tiket dan mengantri berjam - jam.

Baca juga: BKSDA Maluku amankan dua burung kasturi ternate di Pelabuhan Ambon
Baca juga: Pelabuhan Mudaffar Sjah II Ternate siap dioperasikan

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024