Anda entrepreneur, bukan pegawai
Pekanbaru, (ANTARA) - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) sekaligus Dewan Penyantun Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jimly Asshiddiqie berpesan agar wisudawan kampus setempat dapat menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

Jimly mengatakan wisudawan bukan untuk mencari kerja tetapi untuk menciptakan peluang pekerjaan. Para wisudawan bisa sambil belajar berwirausaha di bidang masing-masing dan nantinya bisa menjadi pemimpin sesuai dengan bidang keahliannya.

"Anda entrepreneur, bukan pegawai. Bekerja itu sambil belajar menjadi pemimpin bidang yang kita kuasai," ujarnya dalam orasi ilmiahnya usai prosesi wisuda di Pekanbaru, Sabtu.

Menurutnya, para wisudawan mesti punya beberapa sikap dasar agar punya semangat entrepreneur. Mereka bersikap inklusif dengan semua orang agar tidak muncul sikap eksklusif yang yang mementingkan diri sendiri.

"Lalu mereka harus kreatif, berpikir kreatif dan inovatif. Mereka harus punya sesuatu yang baru, semua terbuka untuk inovasi," ulasnya.

Ia juga mengajak wisudawan untuk punya sikap kolaborasi. Mereka mesti bisa bekerja sama dengan semua orang agar saling bersinergi satu sama lain.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed ciptakan 14 wirausaha baru di Desa Sokawera Banyumas
Baca juga: Kementan ajak mahasiswa jadi wirausaha pertanian


Sementara itu, Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Amir Luthfi menyebutkan ada 550 wisudawan yang menjalani prosesi wisuda hari ini. Amir memimpin langsung Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Pasca Sarjana, Sarjana, Profesi dan Diploma.

Wisudawan yang hadir mengikuti prosesi wisuda ahli madya, sarjana, profesi dan magister periode II 2024. Mereka berasal dari lima fakultas yakni FIK, FKIP, FT, FEB dan FIH di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Universitas Pahlawan hingga saat ini telah meluluskan sebanyak 1.491 wisudawan setelah wisuda ke-7 ini. Hingga saat ini Universitas Pahlawan telah menghasilkan sebanyak 8.764 alumni.

"Sesuai dengan visi, Universitas Pahlawan selalu dan terus berbenah meningkatkan diri menjadi perguruan tinggi yang berkualitas serta berorientasi kewirausahaan agar memiliki reputasi di tingkat nasional maupun internasional," paparnya.

Baca juga: Menkop UKM ajak mahasiswa berwirausaha berbasis riset
Baca juga: Wamentan ajak mahasiswa USK jadi wirausaha muda sektor pangan
Baca juga: Pertamina dorong mahasiswa jadi wirausaha muda bidang energi

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Netty Mindrayani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024