Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita dan artikel humaniora di Indonesia yang populer selama sepekan terakhir, mulai dari Banda Neira tanah pengasingan yang melahirkan kebebasan hingga, evaluasi setelah dua personel Basarnas gugur dalam tugas di Sumatera Utara.

1) Banda Neira, tanah pengasingan yang melahirkan kebebasan

"Jangan mati sebelum ke Banda Neira,” ungkapan Sutan Sjahrir ini patut diamini. Keindahan alam Banda Neira memang tidak disangsikan lagi.

Tatkala kapal bersandar di pelabuhan, pandangan mata langsung disambut oleh keagungan Gunung Api Banda dan bentangan Benteng Belgica peninggalan Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC. Simak selengkapnya di sini:


2) Peneliti: Sejumlah faktor perlu jadi perhatian terkait food estate

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ary Widiyanto mengingatkan terdapat beberapa faktor yang perlu menjadi perhatian dalam implementasi kawasan lumbung pangan atau food estate termasuk pelibatan masyarakat lokal atau masyarakat hukum adat.

Merujuk pada rencana pemerintah untuk membangun lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Merauke, Papua Selatan juga perlu perhatian khusus terhadap beberapa aspek dalam implementasinya dan berkaca dari kawasan rintisan yang sudah dilakukan di Kalimantan. Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: BMKG: Kota-kota besar di Indonesia waspadai hujan petir pada Minggu

3) BRIN teliti manuskrip kuno yang dikoleksi Museum NTB

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meneliti manuskrip kuno yang dikoleksi oleh Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Proyek Riset dan Inovasi Untuk Indonesia Maju (RIIM).

Museum NTB menyimpan 1.275 manuskrip yang terdiri dari 400-an judul. Mayoritas bahan naskah kuno hingga lebih dari 90 persen dari total koleksi terbuat dari bahan lontar. Simak selengkapnya di sini:


4) Panti Sosial milik Pemprov Bengkulu hangus terbakar

Dua bangunan dan tiga unit mobil di Panti Sosial Bina Remaja Harapan milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu yang berada di Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, hangus terbakar pada Jumat malam.

Bangunan yang hangus terbakar tersebut yaitu mushola dan gudang Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berisikan tenda, perahu, dapur umum dan alat-alat bantuan lainnya. Simak selengkapnya di sini:


5) Dua personel gugur, Kepala Basarnas: Evaluasi menyeluruh operasi SAR

Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Marsedya TNI Kusworo memerintahkan jajarannya untuk mengevaluasi kegiatan operasi SAR secara menyeluruh buntut dari meninggalnya dua personel saat melaksanakan tugas di Karo, Sumatera Utara.

Jenderal bintang tiga TNI Angkatan Udara ini menegaskan bila perlu membentuk tim investigasi untuk menganalisa secara rinci kronologis meninggalnya personel Basarnas Tengku Rahmatsyah Putra (36) dan Dodi Prananta (38). Simak selengkapnya di sini:


6) Menjaga hutan di Sorong Selatan, memberikan hadiah bagi dunia


Hutan di Pulau Papua sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, termasuk masyarakat adat yang menjadikan hutan tidak hanya sebagai sumber untuk mendapatkan pangan tapi juga merasuk dalam identitas mereka.

Hal itu yang disadari oleh masyarakat hukum adat yang berdiam di Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya. Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024