Pemprov Jabar berkomitmen memberikan dukungan yang maksimal, baik dalam bentuk kebijakan, fasilitasi maupun akses pembiayaan.
Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin menekankan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi di Jabar.

Hal tersebut diungkapkan Bey berdasarkan dari data Open Data Jabar pada 2023, dengan jumlah UMKM di Jabar mencapai 7.055.660, yang naik 5,83 persen dari tahun sebelumnya.

"Karenanya untuk kegiatan hari ini kami sangat menyambut baik dan kami terus mendorong UMKM, meningkatkan kegiatan ekonomi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jabar," kata Bey dalam acara "Roeang Kita" UMKM Festival sekaligus memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-78, di Gedung Sate, Bandung, Sabtu.

Di tengah tantangan ekonomi global dan perubahan sosial yang cepat, kata Bey, UMKM Jabar menyimpan potensi besar yang harus terus didukung dan dikembangkan.

"Kami mendorong UMKM (berkembang), mikro menjadi kecil, lalu kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi lebih besar. Pada akhirnya akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bekerja di UMKM. Di Disperindag Jabar ada pelatihan (UMKM) untuk ekspor. Jadi kita ingin UMKM itu tidak hanya pada taraf kecil, tapi didorong terus untuk berkembang," katanya pula.

Bey mengatakan pula bahwa Pemprov Jabar berkomitmen memberikan dukungan yang maksimal, baik dalam bentuk kebijakan, fasilitasi maupun akses pembiayaan.

Hal itu dalam upaya menguatkan UMKM di Jabar agar lebih berdaya saing di tingkat nasional dan global.

"UMKM yang hadir di sini adalah yang sudah baik dan berkelas, juga terus didorong semakin kuat dan inovatif, mampu bersaing secara nasional maupun global," ujar Bey.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya momentum seremonial, tetapi itu menjadi pengingat akan sejarah panjang perjuangan bangsa dalam membangun kemandirian keuangan negara yang kokoh demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Saya sampaikan selamat Hari Oeang Republik Indonesia Ke-78, yang akan dirayakan pada tanggal 30 Oktober," ujar Bey menambahkan.
Baca juga: Pemprov Jabar minta UMKM maksimalkan sistem digital kembangkan usaha
Baca juga: Kemenkeu promosikan produk UMKM lewat Festival Roeang Kita di Bandung

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024