Ya jadi sengaja kami membuat event ini kan untuk memperkenalkan Gorontalo kepada masyarakat luas di Indonesia.
Gorontalo (ANTARA) - Pejabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyebut gelaran Gorontalo Half Marathon (GHM} 2024 menjadi ajang sport tourism atau olahraga dan pariwisata untuk memperkenalkan Gorontalo.

"Ya jadi sengaja kami membuat event ini kan untuk memperkenalkan Gorontalo kepada masyarakat luas di Indonesia. Kebetulan hiu paus di sini jadi ikon wisata. Hari ini sudah berbondong-bondong pergi ke hiu paus dan sebagainya," ujar Rudy, di Gorontalo, Sabtu.

Menurut Rudy, antusias warga dari dalam dan luar daerah yang datang bisa memberikan keuntungan positif untuk mendongkrak pariwisata.

Lebih lanjut, kata Rudy, konsep sport tourism lazim dilakukan oleh negara-negara dan kota-kota maju di dunia. Konsep yang memadukan pelaksanaan acara olahraga berbarengan dengan pariwisata.

"Sekarang ini kan sudah banyak orang melakukan tur ke luar negeri diselingi dengan event lari atau apa pun. Jadi kita ingin supaya nantinya selain ke sini untuk berwisata tapi juga ada event," kata dia pula.

Ia berharap event GHM 2024 bisa dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Dia membayangkan event olahraga bisa dilakukan secara berseri tidak hanya oleh pemerintah provinsi tapi juga oleh pemerintah kabupaten dan kota.

GHM 2024 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Oktober 2024 pukul 05.00 WITA. Sebanyak 2.200 peserta siap unjuk gigi meraih medali hingga garis finish.

Para peserta dibagi menjadi tiga jenis lomba yakni 21 kilometer yang diikuti oleh 250 peserta, 10 kilometer 450 peserta, dan 5 kilometer sebanyak 1.500 peserta.
Baca juga: Kemenparekraf latih pemanduan wisata berbasis kompetensi di Gorontalo
Baca juga: Dispar Bone Bolango prioritaskan pengembangan wisata Benteng Ulanta

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024