kami tetap pada penyampaian visi dan misi yang jelas
Jakarta (ANTARA) -
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono menunjukkan performa yang mengesankan di berbagai survei.
 
"Dengan persentase elektabilitas yang solid dan positif di berbagai survei menunjukkan performa RIDO mengesankan," kata juru bicara pasangan RIDO, Muhammad Kholid dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menanggapi berbagai hasil survei Pilkada Jakarta 2024.
 
Menurut dia, sejumlah lembaga survei, termasuk Lembaga Survei Indonesia (LSI), Instrat, Charta Politika, Poltracking Indonesia, dan Katadata, sebenarnya mencerminkan dinamika dan kompleksitas dalam persentase elektabilitas yang solid dan positif pilkada di Jakarta.

Baca juga: Berikut rekayasa lalu lintas saat debat kedua pilkada di Jakarta Utara
 
Namun, pasangan RIDO tetap memperhatikan data bahwa belasan persen responden belum menentukan pilihan, serta bahwa hasil-hasil survei ini berada dalam konteks yang dinamis.
 
Kholid menyadari bahwa pemilih Jakarta cerdas dan mempertimbangkan berbagai aspek dalam menentukan pilihan mereka.
 
"Oleh karena itu, fokus kami tetap pada penyampaian visi dan misi yang jelas, serta program-program konkret yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat," kata anggota DPR dari Fraksi PKS itu.

Baca juga: KPU DKI ingatkan hari terakhir urus pindah memilih 28 Oktober
 
Pasangan RIDO pun mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan dan berkomitmen untuk terus bekerja keras di lapangan.
 
Pihaknya akan memaksimalkan kepercayaan tersebut dalam setiap kesempatan, untuk menjangkau pemilih lebih luas dan membuktikan bahwa Ridwan Kamil-Suswono adalah pilihan terbaik sebagai pemimpin Jakarta ke depan.
 
"Dan kami semakin yakin untuk menang satu putaran di Pilkada Jakarta terbuka lebar," ujarnya.
 
Sebelumnya, survei yang dilakukan Poltracking Indonesia pada 10-16 Oktober 2024 menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mencapai 51,6 persen.
 
Sementara elektabilitas pasangan calon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mencapai 3,9 persen dan pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno elektabilitasnya 36,4 persen.

Baca juga: 1.890 personel gabungan amankan debat Pilkada di Ancol
 
Sedangkan, hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam rentang waktu 10-17 Oktober 2024 menunjukkan elektabilitas Pramono Anung-Rano Karno tertinggi, yakni 41,6 persen. Sementara Ridwan Kamil-Suswono hanya mendapat 37,4 persen.
 
Survei Charta Politika yang digelar pada 19-24 September 2024 menempatkan pasangan RIDO memimpin dengan elektabilitas sebesar 48,3 persen. Pasangan Pramono-Rano memperoleh 36,5 persen, sementara Dharma-Kun memperoleh 5,6 persen. Hanya 9,6 persen responden yang belum menentukan pilihan.
 
Sementara itu, survei yang dirilis Indonesian Political Opinion (IPO) 21-27 September 2024, menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 52,6 persen.
 
Di posisi kedua, pasangan Pramono-Rano memperoleh 27,1 persen suara, sementara Dharma-Kun berada di posisi ketiga dengan 2,7 persen.
 
Sementara, hasil survei Instrat, yang digelar pada 25-30 September 2024 juga menunjukkan keunggulan pasangan RIDO yang memperoleh elektabilitas sebesar 48,29 persen.
 
Pasangan Pramono-Rano meraih 31,71 persen, sedangkan pasangan Dharma-Kun memperoleh 4,34 persen. Sebanyak 15,61 persen responden dalam survei ini masih belum menentukan pilihan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024