Kami menilai upaya-upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan PLN untuk masyarakat sudah baik.
Bandarlampung (ANTARA) - Ombudsman Lampung menilai sudah baik langkah dan upaya yang dilakukan PLN di daerah ini dalam bertransformasi di bidang pelayanan hingga reformasi birokrasi.

"Kami menilai upaya-upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan PLN untuk masyarakat sudah baik," kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf, dalam keterangannya di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, komunikasi dan koordinasi antara Ombudsman dan PLN selama ini terjalin dengan baik, kondisi seperti ini harus tetap dijaga.

Menurutnya, komunikasi yang terjalin dengan baik tentunya akan mempermudah menemukan solusi dan penyelesaian laporan.

Dia mengatakan bahwa laporan itu karena adanya tingkat ekspektasi masyarakat yang lebih tinggi kepada penyelenggara pelayanan publik.

Nur Rakhman menambahkan, instansi-instansi yang memiliki sedikit laporan, bukan berarti pelayanannya sudah baik, begitu juga sebaliknya.

"Bahkan di negara-negara yang lebih maju, laporannya dapat mencapai tiga kali lipat dibanding di Indonesia. Tentunya hal itu bukan berarti pelayanan negara-negara tersebut lebih buruk," katanya pula.

Ia juga mengapresiasi atas layanan digital PLN yang menghadirkan aplikasi PLN Mobile. Masyarakat selaku pelanggan merasa sangat terbantu dengan hadirnya layanan PLN Mobile yang dapat mengakomodir segala bentuk layanan kelistrikan PLN.

"Selama ini jika saya membutuhkan layanan PLN, saya selalu gunakan PLN Mobile. Saya merasa terbantu, respons layanannya juga cepat dan tentunya jarak antara pelanggan dengan PLN terasa lebih dekat, ujarnya lagi.

GM PLN UID Lampung Muhammad Joharifin mengatakan, kunjungannya ke Ombudsman Lampung merupakan bagian dari komitmen PLN dalam menerima masukan dan saran dari berbagai pihak, termasuk Ombudsman RI.

Joharifin menjelaskan bahwa saran dan masukan dari berbagai pihak khususnya dalam hal pelayanan dapat membantu PLN untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

"PLN terus berupaya berinovasi dan meningkatkan pelayanan kelistrikan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya yang signifikan secara langsung," kata Joharifin.
Baca juga: PLN Lampung sebut pasokan listrik saat libur Idul Adha aman
Baca juga: PLN gelar pelatihan wirausaha bagi orangtua komunitas cerebral palsy

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024