Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) membantu pengembangan usaha mikro, pembangunan infrastruktur pertanian, serta peningkatan kualitas fasilitas pendidikan di Kabupaten Lamongan dan Gresik, Jawa Timur.

“Selain meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, kami juga mendukung pengembangan usaha mikro untuk memperkuat ekonomi lokal. Di sisi lain, pembangunan infrastruktur jalan pertanian sangat penting bagi kelancaran distribusi hasil panen dan mendorong produktivitas petani, serta revitalisasi fasilitas pendidikan guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni di Jakarta, Sabtu.

Bantuan itu meliputi 25 gerobak bakso diserahkan kepada Yayasan Miftahul Huda, bantuan pembangunan jalan pertanian dengan pedelisasi dan pembuatan dua sumur bor pengairan sawah yang diberikan pada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Langgeng Abadi. Bantuan ini difokuskan untuk masyarakat Desa Keyongan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Baca juga: SIG dukung upaya pemerintah optimalisasi semen ramah lingkungan

Kemudian, revitalisasi gedung Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Nurul Huda di Desa Domas, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, serta pembangunan ruang kelas baru untuk MTs Maulana Malik Ibrahim di Desa Sooko, Kabupaten Gresik.

Ketua Yayasan Miftahul Huda Syaikhu mengungkapkan bantuan gerobak bakso yang diberikan SIG tepat diberikan mengingat banyaknya pelaku usaha kecil setempat yang kesulitan mengakses fasilitas jualan.

Salah satu penerima gerobak bakso, yakni Sari Murni, berharap pendapatannya bisa meningkat untuk membantu suaminya yang bekerja sebagai petani, terutama untuk biaya pendidikan anak keduanya yang masih sekolah dasar (SD).

Sementara bantuan infrastruktur, seperti pembangunan sumur bor dan jalan usaha tani, disebut memberikan harapan bagi para petani lokal untuk mencegah gagal panen di musim kemarau serta mengangkut hasil panen dengan lebih mudah.

“Sumur ini akan mengairi sekitar 14 hektare sawah padi, ini seperti memberikan harapan baru bagi para petani, karena sebagian besar sawah di sini mengandalkan pengairan dari tadah hujan,” ujar Syaikhu.

Baca juga: Semen Indonesia bantu tingkatkan daya saing pelaku UMKM

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024