Kapal ini dipasangi alat bernama ballast water treatment system yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan laut internasional
Tuzla, Istanbul (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memastikan proses docking atau perawatan Kapal Gamsunoro milik PT Pertamina International Shipping (PIS) di Pelabuhan Tuzla, Turki, berjalan dengan baik dalam hampir sebulan terakhir.

Wakil Presiden Technical Fleet Management Pertamina I Gusti Ngurah Handiyana saat visitasi onboard Kapal Gamsunoro di galangan kapal Tuzla, Istanbul, Jumat (25/10/2024), mengatakan sejak 24 September 2024, Kapal Gamsunoro, yang merupakan salah satu kapal andalan PIS dan melayani pengangkutan minyak mentah rute internasional itu  menjalani masa perawatan di Turki.

"Saat ini, Kapal Gamsunoro sedang melakukan perbaikan atau maintenance repair, jadi ini kita lakukan secara berkala dan ini adalah special survei yang kedua. Jadi, kapal ini menjalani banyak perbaikan guna memenuhi aturan-aturan internasional," kata Ngurah.

Kapal Gamsunoro merupakan aset strategis Pertamina International Shipping untuk mendukung distribusi energi global dengan aman dan efisien.

Kapal ini sempat fenomenal dalam beberapa waktu lalu karena berlayar melintasi Laut Merah dengan aman.

Kapal bertipe aframax ini merupakan salah satu kapal tanker terbesar yang dimiliki Pertamina, dengan bobot mati 105.000 DWT dan dirancang dengan teknologi modern untuk efisiensi operasional.

"Kapal ini sudah biasa melayani seluruh konsumen kita dan juga ini sudah berlayar keliling dunia. Saat ini kita sangat agresif, kita melayani semua konsumen di dunia internasional. Kita wajib memenuhi semua aturan yang berlaku di dunia internasional. Dan, ini adalah salah satu kapal kita yang banyak memiliki energy saving devices," katanya.

Pihaknya mengirimkan tim khusus untuk melakukan suvervisi terhadap proses docking, yang ditangani perusahaan teknomarin Kuzey Star Shipyard di galangan kapal terkemuka di Tuzla, Istanbul, Turki.

"Saat ini, sedang ada perbaikan pada main engine, ini salah satu bentuk maintenance rutin. Sebagai bentuk kepedulian lingkungan, kapal ini juga dipastikan efisien dari sisi bahan baka dan juga ramah pada biota laut, sehingga kapal ini dipasangi alat bernama ballast water treatment system yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan laut internasional," katanya.

Docking kapal, kata Ngurah, ibarat service berkala yang harus dilakukan secara rutin pada kendaraan jenis apapun agar performanya tetap prima, demikian juga dengan kapal.

"Kapal ini menjalani upgrading di sistem ballast water treatment, dan juga upgrading di bollard tali temali agar kapal ini comply terhadap aturan-aturan internasional misalnya saat akan melewati Panama Canal, kita harus lengkapi dengan beberapa equipment, agar kapal ini bisa comply dengan aturan negara setempat," katanya.

Dalam perawatan rutin lima tahunan, kata Ngurah, kapal buatan tahun 2014 itu dipastikan telah dirancang agar bisa memenuhi semua regulasi internasional.

Docking dilakukan di Pelabuhan Tuzla, salah satu galangan kapal terkemuka di Turki, mengingat sebelumnya kapal ini telah berhasil menyelesaikan berbagai misi pengiriman minyak mentah di rute internasional, termasuk pelayaran yang baru-baru ini melalui Laut Merah dan Terusan Suez.

Ngurah menambahkan setelah tuntas menjalani docking nantinya kapal ini diharapkan semakin ramah lingkungan karena salah satu treatment yang dijalaninya mencakup upgrade teknologi sistem penjernihan air ballast dan teknologi pengendalian emisi.

"Melalui perawatan ini, diharapkan Kapal Gamsunoro akan memiliki performa yang lebih efisien dan mendukung tercapainya target emisi rendah kita," katanya.

Perawatan Kapal Gamsunoro di Turki diproyeksikan selesai dalam beberapa hari ke depan tepatnya sejak 24 September hingga 29 Oktober 2024 dan segera kembali beroperasi dengan peningkatan yang signifikan dalam aspek lingkungan dan keselamatan operasional.

Kapal dijadwalkan akan berlayar ke Amerika Serikat setelah sebelumnya berlabuh di Spanyol, Timur Tengah, dan beberapa negara lain.

Baca juga: Kapal tanker Gamsunoro jadi andalan PIS guna layani rute internasional
Baca juga: PIS upgrade teknologi air ballast pada kapal tanker Gamsunoro di Turki
Baca juga: Pertamina International Shipping percepat pencapaian target nol emisi

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024