Jakarta (ANTARA) - KlikFilm bersama Jogja Film Academy (JFA) siap menggelar kursus film secara daring yang akan berlangsung mulai tanggal 1 - 30 November 2024 dengan harga terjangkau, yaitu cukup dengan berlangganan di platform KlikFilm dan para peserta dapat mengakses semua materi kursus untuk dipelajari.

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, program kursus itu akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempelajari berbagai aspek pembuatan film, mulai dari producing, directing, scriptwriting, cinematography, editing, dan acting. Nantinya, masing-masing subjek materi akan berisi 8 - 10 kali pertemuan.

"Dengan adanya kursus ini, kami berharap dapat melahirkan talenta-talenta baru yang siap berkarya di dunia perfilman,” kata Frederica selaku Direktur KlikFilm.

Program tersebut dirancang bagi para pencinta film, pelajar, maupun profesional yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam industri perfilman.

Baca juga: KlikFilm siap tayangkan dua film festival ke layar bioskop Indonesia

 Program itu akan diisi oleh para ahli yang berpengalaman di bidangnya, antara lain CB. Triyanto Hapsoro (Acting For Film), Loeloe Hendra (Film Directing), Damar Ardi (Film Producing), Driepuaza Ryan Fortunanda (Film Editing), Agustya Herdwiyanto (Film Production Management) hingga Dharma Putra P.N (Scriptwriting).

Dilaksanakan secara daring, kursus film tersebut dapat diakses di KlikFilm dan secara biaya akan lebih terjangkau serta lebih fleksibel bagi peserta dari berbagai daerah untuk berpartisipasi. Setiap peserta akan mendapatkan materi dan pelatihan langsung dari para mentor, serta kesempatan untuk berinteraksi dan mendapatkan masukan langsung terkait proyek mereka.

Selain kursus produksi film secara daring, kolaborasi antara KlikFilm dan JFA sebelumnya sudah terjalin lewat program JFA Talent Scholarship.

Program bantuan tersebut merupakan program yang memberikan dana pendidikan penuh bagi calon mahasiswa baru JFA berbakat dan dilanjutkan dengan dukungan untuk produksi film cerita panjang saat proses pendidikan selesai.

Ada juga JFA Talent Incubator atau program dukungan pendanaan dan pendampingan untuk alumni JFA. Program tersebut akan membantu alumni untuk memperoleh banyak pengetahuan praktis dalam praktik industri film, dan alumni JFA terpilih telah mendapatkan dukungan pendanaan lewat JFA Talent Incubator.

Baca juga: KlikFilm ikut serta di Asia OTT Conference, Busan Film Festival 2024

“Industri film Indonesia di era digital ini seharusnya bisa lebih menyebar, para pembuat film sudah harus percaya diri menceritakan cerita mereka sendiri di wilayahnya masing-masing," kata Pendiri Jogja Film Academy Ifa Isfansyah.

"Semakin kursus ini bisa diakses lebih luas dan lebih mudah, semakin meningkatkan kualitas generasi baru,” sambungnya.

Ke depannya, kursus daring tersebut akan terus dilakukan setiap tahunnya. Bagi para peserta yang tertarik untuk mendaftar, materi kursus dapat diakses dengan berlangganan di platform KlikFilm dan informasi lebih lanjut kunjungi laman Instagram resminya di @klikfilm.

Baca juga: KlikFilm gelar penayangan terbatas dua film terbaru

Baca juga: KlikFilm hadirkan film "Daaaaaali!" mulai Juli 2024

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024