Jakarta (ANTARA) -
Bagi Anda yang ingin mengisi libur akhir pekan di akhir bulan Oktober dengan sejumlah kegiatan bermanfaat, ada beberapa rekomendasi kegiatan dari Pemprov DKI yang bisa dikunjungi, mulai dari pagelaran wayang kulit hingga festival buku murah.
 
Berikut sejumlah acara gratis yang direkomendasikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @disparekrafdki untuk mengisi libur akhir pekan Anda.

Pergelaran Wayang Kulit lakon ‘GhatutKaca Kala Jaya’ Dalang Ki Cahyo Kuntadi
 
Jika Anda ingin menyaksikan gelaran wayang kulit di Jakarta, mungkin acara ini bisa jadi salah satu pilihan untuk dikunjungi, yaitu Pergelaran Wayang Kulit lakon ‘GhatutKaca Kala Jaya’ dengan dibawakan oleh Dalang Ki Cahyo Kuntadi.
 
Pergelaran ini bakal menceritakan perjalanan Gathutkaca dari kecil hingga dewasa. Sejak kecil, Gathutkaca digembleng oleh para dewa di Kawah Candradimuka hingga memiliki kekuatan luar biasa. Acara ini bakal digelar di Taman Benyamin Suaeb, Jatinegara, Jakarta Timur ini akan dimulai pukul 19.00 WIB, dengan tiket masuknya tidak dipungut biaya alias gratis.
 
Pameran seni kontemporer bertajuk ICAD 14: Unexpected
 
Anda ingin melihat seni dari sisi yang unik, mungkin pameran Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) bisa menjadi pilihan untuk dimasukkan ke agenda akhir pekan Anda. Pameran ini memperlihatkan eksplorasi persinggungan antara seni dan desain dengan disiplin ilmu lainnya.
 
ICAD edisi ke-14 ini mengambil tema ‘UNEXPECTED’ yang menyoroti realitas tak terduga yang terjadi dalam masyarakat kita di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Selain itu para partisipan juga diajak untuk menggali sudut pandang alternatif dan terlupakan yang tergilas narasi-narasi dominan di ruang sosial-politik, lingkungan, dan budaya.
 
Pameran ini dapat dikunjungi secara gratis pada 10 Oktober - 10 November 2024 di Hotel Grandkemang, Jakarta Selatan yang dimulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.
 
Pameran seni lukis Jakarta Biennale 2024
 
Pameran Jakarta Biennale yang awalnya bernama Pameran Besar Seni Lukis Indonesia ini merupakan acara akbar bagi seni rupa kontemporer Indonesia yang dilangsungkan setiap dua tahun sekali.
 
Tahun ini, Jakarta Biennale merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun, dan setelah diselenggarakan di sejumlah ruang seni dan ruang publik, yang menjadi karakternya selama ini, Jakarta Biennale 2024 kembali diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki.
 
Bagi Anda yang ingin menyaksikan pameran ini tidak perlu merogoh kocek karena tiket pameran ini tidak dipungut biaya alias gratis, acara ini bakal digelar selama 50 hari untuk merayakan 50 tahun Jakarta Biennale yakni 1 Oktober – 15 November 2024, mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.
 
TIM book fest: Book & literature festival 2004
 
Jika Anda mencari buku untuk menambah daftar koleksi perpustakaan di rumah, mungkin acara satu ini tidak boleh dilewatkan yakni, TIM Book Fest yang diselenggarakan di Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki.
 
Pameran yang bakal digelar sejak 14 Oktober hingga 14 November 2024 ini menawarkan buku mulai dari harga Rp10 ribu dan juga diskon hingga 80 persen, berbagai macam buku mulai buku anak-anak, agama, hingga sastra dijual dalam bazar tersebut.
 
Selain berburu buku, pengunjung juga bisa mengikuti Talkshow bersama penulis ternama, diskusi buku, pameran literatur dan yang pasti acara yang dimulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB, dapat dikunjungi secara gratis.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024