Masih kami hitung berapa luasnya, belum ada data konkret
Meulaboh (ANTARA) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat bersama tim gabungan sepanjang Jumat, melakukan upaya pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Desa Deuah, Kecamatan Samatiga, kabupaten setempat.

“Pemadaman ini kami lakukan agar kobaran api tidak meluas,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Aceh Barat, Teuku Ronald Nehdiansyah kepada ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, kebakaran lahan di lokasi perkebunan kelapa sawit tersebut telah terjadi sejak Kamis (24/10), dan hingga Jumat masih terus diupayakan pemadaman.

Pihaknya sejauh ini belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit di daerah ini. “Saat ini kami masih fokus melakukan pemadaman,” katanya.

Teuku Ronald menyebutkan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran dapat diakses dengan mudah, dan sumber air di sekitar lokasi kebakaran juga mudah didapatkan.

Baca juga: BPBD Aceh Barat padamkan kebakaran lahan di areal seluas 6 hektare
Baca juga: BPBD: Hujan redakan karhutla di Aceh Barat


Untuk luas lahan yang sudah terbakar, BPBD Aceh Barat sejauh ini masih melakukan upaya pendataan? guna memastikan luas lahan yang sudah terbakar.

“Masih kami hitung berapa luasnya, belum ada data konkret,” demikian Teuku Ronald.

Sebelumnya ia mengusulkan pembentukan peraturan tingkat pemerintah desa menjadi cara yang dinilai cukup strategis untuk memaksimalkan upaya pencegahan karhutla di Kabupaten Aceh Barat.
 
Ronald menjelaskan bahwa dengan adanya pembentukan peraturan desa yang dilakukan oleh aparatur pemerintah desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan warga desa itu sendiri maka akan semakin meningkatkan kesadaran mereka menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran.
 
Pihaknya menilai tidak bisa dipungkiri kelalaian atau kesengajaan manusia menjadi faktor penyebab peristiwa Karhutla selain dari adanya anomali iklim yakni ketiadaan hujan dalam waktu lama yang menyebabkan kekeringan.

Baca juga: BPBD Sumsel: Enam helikopter masih dikerahkan padamkan karhulta
Baca juga: BRIN ajak warga berpartisipasi cegah kebakaran lahan dengan Simocakap
Baca juga: KLHK pastikan kebakaran hutan dan lahan terkendali pada tahun ini

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024