Jakarta (ANTARA) - Turnamen sepak bola persahabatan antar media, yakni Mandiri Media Cup 2024, kini diwarnai sejumlah konsep anyar untuk menampung lebih banyak peserta sekaligus memberi apresiasi lebih kepada para pemain yang bertanding.

Ajang besutan organisasi pewarta sepak bola, PSSI Pers, itu kini telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. Untuk edisi tahun ini, Media Cup akan dimainkan di Stadion ASIOP Cempaka Putih, Jakarta, pada 28 sampai 30 Oktober.

Turnamen mini soccer ini akan diramaikan 16 media nasional, mulai dari daring, cetak, hingga televisi. Para pesertanya adalah ANTV, TV ONE, Kompas TV, TVRI, TRANS 7, Metro TV, Bola.com, Detik.com, SKOR.ID, MNC Portal, Jawa Pos, SCTV, INews TV, Tribun Network, CNN Indonesia TV, dan Antara.

Penyelenggaraan Media Cup 2024 akan berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Turnamen akan menggunakan format baru dua leg.

Tim sepak bola Antara berhasil masuk ke putaran utama, setelah melewati fase playoff yang diikuti empat media.

"Media Cup 2024 digelar sebagai wadah dan juga momen silaturahmi antar-awak media yang selama ini aktif dalam pemberitaan di dunia olahraga khususnya di PSSI dan Kemenpora," ungkap Ketua panitia Media Cup 2024, Azis Arriadh pada jumpa pers di GBK Arena, Jakarta, Jumat.

Baca juga: PSSI Pers gulirkan Mandiri Media Cup 2023 untuk para pewarta

"Sebetulnya turnamen ini sudah menjadi agenda rutin tahunan yang sebelumnya bernama invitasi media dengan mengundang tim-tim perwakilan perkumpulan wartawan di beberapa lembaga. Namun pada 2022, kami ubah konsep tersebut dengan kemasan baru, yaitu media yang diundang."

Selain model pertandingan dengan format dua leg, pada edisi tahun ini penghargaan individu juga akan bertambah dengan hadirnya penghargaan untuk kiper terbaik.

Pada tahun ini, Bank Mandiri kembali menjadi sponsor utama Media Cup. Kebersamaan ini telah terjalin sejak penyelenggaraan turnamen tahun lalu.

"Kami dari Bank Mandiri sangat senang dengan kegiatan yang sudah dilakukan hampir tiga tahun ini. Jadi ini kedua kali kami yang support untuk kegiatan Media Cup 2024," kata Vice President Corporate Secretary Group Bank Mandiri, Arief Mardianto.

Arief menjelaskan, dukungan Ini menjadi bentuk komitmen Bank Mandiri yang kuat untuk pertumbuhan sepak bola di Tanah Air. Bukan tanpa sebab, Arief menilai sepak bola memang telah menjadi olahraga yang paling diminati di Indonesia, tercermin dari jumlah penggemar atau fans yang terus bertambah serta animo masyarakat yang kini semakin luas.

Mandiri Media Cup 2024 juga terselenggara berkat dukungan dari beberapa pihak diantaranya Erspo, PSBS Biak, Persibo Bojonegoro, ASIOP Stadium, Specs, NOC Indonesia, Mitra Orphys Sports Clinic, dan Pospay. Kemudian PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan Kemenpora yang menjadi mitra resmi.

Baca juga: PSSI Pers gelar Media Cup 2022 perebutkan Piala Menpora

Media Cup 2024 turut berkolaborasi dengan pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, untuk menjadi brand ambassador turnamen ini. Indra berharap media dapat menjadi penyambung lidah ke masyarakat.

"Manfaatnya yang terpenting memperkuat hubungan saya sebagai pelaku teknis dengan awak media. Karena dengan hubungan yang baik, media juga dapat membantu memberitakan hal-hal baik yang dilakukan di Timnas Indonesia ke ruang publik," ucap Indra Sjafri yang antusias dengan Mandiri Media Cup 2024.

Keberadaan Mandiri Media Cup 2024 juga diapresiasi oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Sosok yang dekat dengan wartawan itu senang karena jurnalis juga dapat berolahraga dengan kompetitif.

"Terima kasih hari ini kami senang karena teman-teman dari PSSI Pers buat acara. Kami harapkan dengan acara ini, gairah sepak bola ada di mana-mana termasuk di media-media. Sehingga nantinya jangan cuma wartawan yang main bola kalau bisa perusahaan-perusahaan juga. Dengan begitu, gairah sepak bola makin banyak, bukan soal prestasi tapi bicara mengenai kecintaan dan semangat kita untuk sepak bola, dan gairah sepak bola yang kita bangun di mana-mana," tutur Arya.

Rincian Hadiah Mandiri Media Cup 2024

• Juara: Rp 12 juta

• Runner-up: Rp8 juta

• Peringkat Ketiga: Rp 6 juta

• Peringkat Keempat: Rp 2 juta

• Pencetak gol terbanyak: Rp 1 juta

• Pemain terbaik: Rp1 juta

• Kiper terbaik: Rp1 juta

• Tim Fair Play: Rp 1 juta

Baca juga: Mandiri Media Cup 2023 yang perebutkan Piala Menpora sukses digelar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024