Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih tiga penghargaan berbeda di ajang Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) 2024 berkat komitmennya dalam inovasi dan manajemen mutu.

"PT Kereta Api Indonesia kembali menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan manajemen mutu di ajang Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) 2024. Pada ajang bergengsi tersebut, KAI meraih tiga penghargaan dari tiga kategori yang berbeda," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Jumat.

Anne menyebutkan tiga penghargaan berhasil di raih PT KAI. Pertama, Quality Leadership Award untuk Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo; kedua peringkat Galaxy untuk kategori Innovation Management Award; dan ketiga peringkat Gold untuk kategori Quality Excellence Exhibition.

"Pada ajang tersebut, KAI diwakili oleh Vice President of Quality Assurance and Good Corporate Governance KAI Arman Hidayat yang menerima penghargaan," ujarnya.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI) bekerja sama dengan Wahana Kendali Mutu (WKM) di Bandung, pada 22–24 Oktober 2024.

Anne menuturkan, IQEF merupakan ajang tahunan yang mempertemukan organisasi-organisasi terkemuka dan praktisi manajemen mutu untuk berbagi praktik terbaik, dengan tujuan mendorong peningkatan kualitas berkelanjutan pada produk dan layanan serta menjadi forum interaksi antara pengelola inovasi dan masyarakat luas.

Anne menambahkan Quality Leadership Award diberikan atas peran pemimpin organisasi/perusahaan yang berhasil menjadikan organisasinya unggul di bidangnya.

Penyelenggara menilai Direktur Utama KAI telah sukses menciptakan budaya inovasi di KAI Group, sehingga KAI meraih penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Adapun untuk kategori Innovation Management Award, diraih KAI dengan proses penyusunan makalah berdasarkan kuesioner yang diberikan, penilaian on desk oleh dewan juri, pemaparan pengelolaan inovasi hingga KAI dinyatakan mendapat peringkat Galaxy,” jelas Anne.

Anne mengatakan untuk penghargaan kategori Quality Excellence Exhibition, panitia menilai para peserta pameran dengan kriteria tampilan stan, karya inovasi, kreativitas, menginspirasi serta interaksi dengan pengunjung pameran.

Pada kategori ini KAI meraih peringkat tertinggi pada acara tersebut, unggul diantara puluhan perusahaan yang mengikuti pameran.

Penghargaan itu, tambah Anne, merupakan buah dari kerja keras dan komitmen KAI dalam menerapkan manajemen mutu yang berkelanjutan di setiap aspek operasional KAI.

"Dengan penghargaan yang diraih, KAI akan terus membuktikan perannya sebagai perusahaan transportasi nasional yang unggul dalam inovasi dan kualitas layanan,” kata Anne.

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024