Penghargaan ini adalah pengakuan atas usaha kami dan sekaligus dorongan untuk menciptakan program yang lebih berkelanjutan.
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyabet tiga penghargaan di ajang CSR Awards 2024 bertajuk Impact Symphony Corporate Social Responsibility Appreciation Night 2024.

"Penghargaan ini adalah pengakuan atas usaha kami dan sekaligus dorongan untuk menciptakan program yang lebih berkelanjutan. Tentunya ini menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangan, di Jakarta, Jumat.

Dia menyampaikan bahwa sejak 2021 implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo difokuskan pada tiga bidang prioritas, yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK). Fokus tersebut bertujuan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Menurutnya, pengakuan itu diberikan atas komitmen Pelindo menjalankan program tanggung jawab sosial berkelanjutan.

Kategori penghargaan yang diraih meliputi Investment Impact Measurement leaders award untuk pelaksanaan program berbasis social return on investment (SROI).

Pelindo juga meraih penghargaan untuk kategori SROI Excellence Award melalui dua program unggulannya, yaitu Desa Binaan Penglipuran dan Gedor Ekspor.

Selain itu, Program Gedor Ekspor kembali mendapatkan apresiasi dengan meraih penghargaan most impactful program on prosperity karena dinilai berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

CSR Awards 2024 diselenggarakan oleh Bumi Global Karbon Foundation bekerja sama dengan Investortrust.id. Penilaian program dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas pendiri Bumi Global Karbon Foundation Achmad Deni Daruri, Guru Besar IPMI Business School Prof Roy HM Sembel, dan Primus Dorimulu, yang juga bertindak sebagai sekretaris dewan juri.

Penilaian didasarkan pada indikator seperti dampak sosial, keberlanjutan, dan keterlibatan perusahaan dalam membangun hubungan dengan komunitas.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan yang bisa mengintegrasikan prinsip environmental, social, and governance (ESG) ke dalam strategi bisnis mereka.

Arif menambahkan dengan adanya penghargaan itu, Pelindo akan terus berkontribusi aktif dalam menciptakan kesejahteraan dan keberlanjutan bagi masyarakat dan lingkungan.
Baca juga: Pelindo: Arus peti kemas di TPK Ambon tumbuh 5 persen per September
Baca juga: Kemenhub-Pelindo kerja sama pelayanan pemanduan Pelabuhan Waingapu


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024