Jakarta (ANTARA) - Borneo FC merebut pucuk klasemen sementara Liga 1 setelah menghancurkan PSBS Biak dengan skor 3-0, pada pertandingan Liga 1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat.

Tim berjuluk Pesut Etam itu memiliki total 18 poin, jumlah total poin yang sama dengan Persebaya Surabaya, tetapi Borneo memiliki keunggulan selisih gol yakni sembilan gol. Bagi Badai Pasifik, kekalahan kelima di liga musim ini membuat mereka menduduki posisi kesembilan dengan 12 poin.

Kedua tim tampil menekan sejak awal dan berusaha untuk mencuri gol pertama. Penyerang PSBS Biak, Alberto Goncalves, mengancam gawang Borneo, tetapi upayanya dapat digagalkan kiper Nadeo Argawinata.

Borneo memecah kebuntuan pada menit keenam, melalui gol Mariano Ezequiel Peralta. Pemain asal Argentina itu sukses memanfaatkan umpan kiriman Kei Hirose untuk membawa tuan rumah memimpin.

Pasukan Pieter Huistra menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Kali ini, Leonardo Gaucho menjadi pencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan yang dilakukan kiper PSBS, Jhon Pigai.

Alberto Goncalves memiliki satu peluang bagus untuk memperkecil ketertinggalan PSBS beberapa saat kemudian. Namun peluangnya dapat digagalkan bek Leo Guntara. Sampai turun minum, semua upaya PSBS untuk mencetak gol berujung kegagalan dan membuat babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 bagi Borneo.

Leo Gaucho kembali menebar teror ke gawang PSBS pada awal babak kedua. Peluang bagus didapat ketika sepakannya melambung ke atas gawang PSBS.

Sebagaimana yang terjadi pada babak pertama, berbagai upaya yang dilakukan PSBS masih berujung kegagalan untuk mengemas gol balasan. Justru pada menit ke-87, gawang Pigai kembali kemasukan, saat dari satu skema serangan cepat, bola dapat diumpankan Fajar Fathurrahman kepada Leo untuk dikonversi menjadi gol ketiga Borneo.

Malapetaka bagi PSBS bertambah pada menit ke-95, saat Marchko Sandy Merauje melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Borneo. Dari tinjauan VAR, wasit yang bertugas kemudian memutuskan untuk mengusir pemain asal Jayapura itu dengan menyodorkan kartu merah.

Daftar susunan pemain:

Borneo FC: Nadeo Argawinata, Leo Guntara, Gabriel Vinicius Oliveira Furtado Balthazar, Christophe Nduwaruriga, Fajar Fathurrahman, Rivaldo Pakpahan, Kei Hirose, Rosembergne Da Silva, Stefano Lilipaly, Leonardo Gaucho, Mariano Ezequiel Peralta

Pelatih: Peter Huistra

PSBS Biak: Jhon Pigai, Donni Monim, Fabiano Beltrame, Julian Velazquez, Febriato Uopmabin, Marckho Sandi Merauje, Pablo Abel Arganaraz, Jonata Felipe, Meshal Osman, Alberto Goncalves, Alexsandro Dos Ferreira
Pelatih: Emral Arbus

Baca juga: Kemenangan dari PSIS jadi modal Persija hadapi Arema

Baca juga: Arema bertekad jaga tren kemenangan kala jamu Persija

Baca juga: Dewa United gunduli Semen Padang 8-1


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024