Jakarta (ANTARA) - Penyanyi asal Republik Indonesia, Tarrarin, berhasil meraih penghargaan “Best Ambassadors of Country” pada kompetisi Internasional “Voice of Turan” di Turkestan, Kazakhstan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Astana melalui pernyataan resmi diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan kompetisi menyanyi internasional tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Akimat (Kantor Gubernur) wilayah Turkestan.

Kompetisi tersebut diikuti oleh 16 peserta yang mewakili masing-masing negara dan Tarrarin menjadi satu-satunya peserta dari negara ASEAN yang berpartisipasi pada ajang yang pertama kali diadakan pada 2021 itu.

Tarrarin yang mengenakan pakaian daerah Bali dan Kalimantan pada saat kompetisi, tampil memukau dengan menyanyikan lagu dalam Bahasa Kazakhstan dan Bahasa Indonesia. Ia berhasil mendapatkan apresiasi dan penilaian luar biasa dari para juri.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Kazakhstan dan Republik Tajikistan, M. Fadjroel Rachman menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga akan pencapaian Tarrarin sekaligus berterima kasih kepada Purwa Tjaraka yang telah mendidik Tarrarin.

“Kami berterima kasih atas kehadiran Pak Purwa Tjaraka, Tarrarin dan tim di acara Voice of Turan Kazakhstan. Ini merupakan diplomasi budaya Indonesia di Kazakhstan yang akan meningkatkan citra positif Indonesia di negara akreditasi dimana partisipasi Indonesia di kegiatan internasional ini merupakan yang pertama kali,” kata Dubes.

Hal serupa juga disampaikan Purwa Tjaraka bahwa partisipasi Indonesia pada kegiatan tersebut untuk membawa misi diplomasi Budaya. Tampilan dan konsep acara tersebut dinilainya sangat menarik untuk memperkenalkan lagu Kazakhstan pada dunia luar.

“Kita mendapatkan inspirasi dari Kazakhstan, demikian juga mereka bisa melihat budaya Indonesia. Terima kasih kepada KBRI Astana yang sudah membantu dalam teknis persiapan. Terima kasih kepada Pak Dubes, Ibu Dubes dan seluruh staf KBRI Astana yang bersama-sama ke Turkestan dan menerima kami di Astana," ucapnya.

Akimat Turkestan mengapresiasi partisipasi Indonesia pada kegiatan tahun tersebut dan berharap kolaborasi serupa antara kedua negara dapat lebih ditingkatkan di masa depan.

Baca juga: DPR RI bahas peran vital bebas visa saat berkunjung ke Astana
Baca juga: KBRI Astana bersama ISI Denpasar gelar pameran seni Indonesia
Baca juga: Saat HUT RI, KBRI Astana apresiasi semua pihak atas kemajuan diplomasi

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024