Yogyakarta (ANTARA) - Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, membahas peningkatan kerja sama bidang budaya dan ekonomi.

"Tadi disampaikan oleh Pak Gubernur bahwa sudah selayaknya kedua negara (Indonesia-India) yang mempunyai sejarah panjang yang cukup erat ini, perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang membawa dampak lebih signifikan bagi kedua belah pihak," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY Agus Priono usai mendampingi Sultan HB X.

Agus mengungkapkan hubungan yang terjalin antara Indonesia dan India bahkan telah berlangsung sejak zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, dimana India termasuk negara yang pertama mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

"Termasuk perjuangan di PBB, memperjuangkan kemerdekaan Indonesia itu (Indonesia-India) berhubungan erat," kata dia.

Beberapa waktu sebelumnya, kata Agus, telah digelar pentas Ramayana dengan pemeran lakon berasal dari India.

Gelaran tersebut menjadi salah satu contoh kerja sama event budaya yang diharapkan dapat kembali dilaksanakan oleh Sri Sultan.

"Termasuk mungkin ada delegasi budaya India. Monggo nanti kami sangat terbuka,” kata Agus.

Menurut Agus, Dubes India untuk Indonesia menyambut dengan baik peluang yang ditawarkan tersebut.

"Secara spesifik tentunya kalau Pak Gubernur menginginkan hubungan di bidang budaya, itu salah satu tadi yang ditekankan Pak Gubernur," ujar Agus.

Sandeep Chakravorty pun, lanjut Agus, turut menawarkan peningkatan kerja sama di berbagai sektor, utamanya bidang ekonomi, meliputi investasi dan perdagangan.

"Ada beberapa perusahaan India di Yogyakarta yang bergerak di bidang fashion, kemudian di bidang hotel, restoran, dan di bidang perdagangan, Itu kira-kira arahnya (peningkatan kerja sama) ke sana," ujar Agus.

Agus menyampaikan, Sandeep Chakravorty turut mengundang Sri Sultan untuk berkunjung langsung ke India. Dengan harapan dapat meningkatkan hubungan antara kedua daerah agar lebih erat.

Baca juga: Sultan HB X minta anggota DPRD DIY kedepankan kepentingan publik

Baca juga: Sultan HB X : Semua daerah harus bisa capai kepesertaan JKN 100 persen

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024