Ambon (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 Kodim 1503/Tual Maluku membangun bak penampungan air di Desa Ohoitel untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat setempat.

"Anggota Satgas TMMD bersama warga bergotong royong melaksanakan pekerjaan pengecoran bak penampung air mengejar target waktu yang telah ditentukan," kata Danramil 1503-01/Tual Kapten Inf Bakri Renhoat dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan pengecoran ini dimulai sejak pagi dan terus berlanjut hingga larut malam di Desa Ohoitel.

Para anggota satgas TMMD bersama masyarakat setempat bahu-membahu mempersiapkan material, mencampur semen, dan melakukan pengecoran secara bergantian dengan menggunakan penerangan darurat.

Baca juga: Warga Pagung Kediri manfaatkan sarana air bersih yang dibangun TNI

Ia menyampaikan bahwa semangat kebersamaan dan gotong royong antara anggota satgas TMMD dan masyarakat adalah kunci utama dari keberhasilan program TMMD.

“Pekerjaan pengecoran ini memang membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra, tetapi dengan kerja sama yang baik, kami berupaya menyelesaikannya tepat waktu. Meski harus bekerja hingga malam, ini adalah bukti bahwa kami semua berkomitmen untuk menyukseskan program TMMD Ke-122,” ujarnya.

Program TMMD Ke-122 di wilayah Desa Ohoitel melibatkan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah pembangunan bak penampung air ini, yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi kebutuhan air bersih masyarakat.

Baca juga: Satgas TMMD bangun tiga sumur bor penuhi kebutuhan warga Ciandam

"Pembangunan bak ini ditargetkan selesai dalam waktu yang telah ditetapkan, sehingga fasilitas tersebut dapat segera difungsikan," ujarnya.

Kegiatan ini, kata dia, juga menjadi salah satu upaya nyata dalam mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat, sekaligus mewujudkan tujuan dari program TMMD Ke-122, yaitu membangun desa yang tangguh dan mandiri.

Selain pembangunan bak penampung air, Satgas TMMD Tual juga melakukan renovasi rumah tidak layak huni di Desa Ohoitel, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual,

Baca juga: TMMD Kodim Rejang Lebong menyediakan sarana air bersih warga

Personel Satgas TMMD Ke-122 bekerja sama dengan warga setempat untuk mempercepat proses renovasi rumah warga, yang sebelumnya dalam kondisi rusak parah. Bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat membantu warga memiliki hunian yang layak dan nyaman.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024