ASN yang profesional dan berkarakter kuat merupakan kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) jajaran agar dapat memberikan pelayanan publik yang baik dan efisien.

"ASN Ditjen Hubud ditekankan dapat menjadi agen perubahan, memperkuat kinerja organisasi, serta mendukung reformasi birokrasi yang berdampak langsung pada pelayanan publik yang lebih efisien dan bermutu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Lukman F. Laisa dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Lukman menekankan hal itu saat membuka Rapat Kerja (Raker) Bidang Kepegawaian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Tahun 2024 di Malang, Jawa Timur.

Ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pilar utama kemajuan bangsa.

Pengembangan kompetensi dan karakter aparatur sipil negara, menurutnya penting untuk menciptakan ASN yang unggul, berintegritas dan disiplin.

"Sebagaimana ditegaskan oleh Presiden Prabowo, ASN yang profesional dan berkarakter kuat merupakan kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045,” ujar Lukman.

Baca juga: Kemenhub upayakan peningkatan keamanan penerbangan nasional

Baca juga: Kemenhub: Pelabuhan berdaya saing dan terintegrasi lewat Inaportnet


Lebih lanjut Lukman mengatakan pelaksanaan Raker Kepegawaian itu menjadi landasan penting bagi Ditjen Hubud dalam merumuskan langkah strategis untuk meningkatkan kinerja ASN secara menyeluruh, serta memastikan penerapan penilaian kinerja yang objektif dan berbasis kompetensi.

“Kami berharap Raker ini dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret untuk mendukung optimalisasi pengelolaan SDM, sekaligus membangun ASN yang memiliki karakter kuat dan disiplin tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Peserta menerima pembekalan materi terkait peningkatan kapasitas ASN melalui disiplin dan penilaian kinerja objektif, sesuai dengan arahan Presiden mengenai pentingnya integritas dan kedisiplinan ASN.

"Materi yang disampaikan diharapkan dapat membentuk ASN yang lebih profesional dan berdaya saing," tutur Lukman.

Ia juga berharap agar rekomendasi yang dihasilkan dapat mengoptimalkan pengelolaan SDM di lingkungan Ditjen Hubud, sehingga semakin mampu menghadapi tantangan zaman dan turut mewujudkan birokrasi yang unggul dan berdampak bagi bangsa.

Raker dengan tema “Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Aparatur Sipil Negara Unggul,” ini berlangsung pada 24-25 Oktober 2024 diikuti oleh seluruh perwakilan unit kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di seluruh Indonesia.

Kegiatan itu juga dihadiri Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Asisten Deputi Peningkatan Kinerja dan Penghargaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Kemenhub perkuat akses penyeberangan perintis untuk dukung logistik

Baca juga: Indonesia-Singapura-Malaysia perkuat keselamatan pelayaran maritim


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024