...jadi terus utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing
Jakarta (ANTARA) - Budayawan Hilmar Farid menyebut Sumpah Pemuda mesti bisa menjadi momen untuk terus menghidupkan Bahasa Indonesia.

"Bahasa Indonesia kan dulu digunakan sebagai alat perjuangan kemerdekaan, berbasis hukum adat dan keberagaman yang ada di masyarakat. Dasar keyakinan kita bersatu justru karena keberagaman itu. Jadi, Sumpah Pemuda jangan dibatasi hanya sekadar seremoni," kata Hilmar Farid dalam diskusi di Jakarta, Jumat.

Hilmar menegaskan Bahasa Indonesia tidak bisa hanya dibatasi sebagai alat komunikasi, tetapi mesti diluruskan kembali sesuai tujuan awal Sumpah Pemuda pada tahun 1928, yakni memasukkan Bahasa Indonesia dalam ranah publik.

"Sumpah Pemuda waktu itu kan tujuan utamanya untuk memasukkan Bahasa Indonesia dalam ranah publik. Bahasa Indonesia punya kandungan untuk mempengaruhi, jadi jangan hanya dilihat sebagai alat komunikasi, tetapi itu adalah adalah realitas, dan bahasa itu menciptakan realitas," ujar Hilmar Farid.

Baca juga: Makna dan tujuan Hari Sumpah Pemuda

Hilmar yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menjelaskan untuk lebih memperluas kosakata Bahasa Indonesia yang saat ini sekitar 50 persennya merupakan kata serapan dari bahasa lain, dibutuhkan seorang konduktor untuk menyatukan keberagamannya.

"Kita perlu mencari konduktor yang bisa mengorkestrasi keragaman, bukan soal ketepatan, tetapi secara kontekstual bisa mengorganisasikan Bahasa Indonesia, jadi saya rasa investasinya perlu di situ, bagaimana meningkatkan kemampuan menerjemahkan berbagai ekspresi, sehingga bisa menjembatani masyarakat," ucapnya.

Ia juga mengemukakan Sumpah Pemuda sebagai suatu peristiwa sebetulnya sangat cepat dilupakan. Oleh karena itu masyarakat perlu diingatkan kembali bahwa sumpah tersebut merupakan bagian dari perjuangan sosial, sehingga Bahasa Indonesia perlu terus hidup dan keluar dari batas-batas kolonialisme.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan sejarahnya

"Mengenai Sumpah Pemuda, sebenarnya sebagai peristiwa dia cepat dilupakan, padahal memperjuangkan Bahasa Indonesia saat itu adalah artikulasi bagi perjuangan sosial, dan yang menjadi masalah itu, warisan kolonial sampai saat ini masih ada," papar Hilmar Farid.

Menurutnya, untuk menjadi bangsa yang besar, perlu ada kesinambungan antara ide dan kenyataan yang ada di dalam masyarakat melalui Bahasa Indonesia yang digunakan untuk bertutur.

"Jangan mereduksi Indonesia sebagai salah satu proyek geografis saja. Indonesia ini ide, bangsa yang melahirkan hubungan antara ide, kenyataan, alat ungkap, penuturannya, jadi terus utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing," tutur Hilmar Farid.

Baca juga: Tanggapi usul debat berbahasa Inggris, Hasto: Kita ada Sumpah Pemuda

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024