Jakarta (ANTARA) - Telkomsel kembali memperkenalkan Telco Verify sebagai sebuah solusi autentikasi inovatif yang dirancang untuk memberikan pengalaman digital yang lebih aman dan efisien.

Solusi Telco Verify memungkinkan identitas pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).

"Jadi apa yang diberikan Telco Verify adalah bagaimana memberikan satu layanan, baik itu untuk nanti onboarding, ataupun melakukan verifikasi di aplikasi. Kita memastikan bahwa keamanannya itu benar-benar terjaga. Nah, ini yang kita berikan, lebih nyaman, lebih aman, terintegrasi, dan dapat diandalkan," kata VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang saat media update di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Telkomsel ingatkan konsumen tidak unduh berkas .APK

Solusi yang andal dan efisien tersebut tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan layanan digital yang disediakan oleh bisnis dari berbagai sektor.

Lebih lanjut, Alfian berharap kapabilitas Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yang seamless dapat turut mendukung transformasi digital di sektor industri lainnya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia agar berani jadi lebih aman.

Proses verifikasi yang dilakukan Telco Verify juga disebut dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode yang tidak disengaja.

"Menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber pada 2023. Serangan ini mencakup berbagai jenis ancaman, seperti malware, trojan, sampai dengan ransomware.

Menanggapi data tersebut, Telkomsel berfokus menghadirkan layanan keamanan sibernya untuk mendukung para pelaku bisnis dalam menjamin keamanan data pribadi pelanggan," ungkap Alfian.

Baca juga: Kominfo sebut tiga perhatian khusus pada keamanan siber nasional

Melalui Telkomsel Enterprise, product powerhouse dari TelkomGroup yang berfokus menghadirkan layanan B2B, Telkomsel percaya bahwa Pasti Ada Solusi Berani Jadi Lebih Aman untuk setiap kebutuhan bisnis.

Sebagai jawaban atas tantangan bisnis terkini di era digital, Telco Verify semakin memperkuat posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul bagi masyarakat.

Adapun di sektor perbankan, implementasi Telco Verify telah memberikan dampak positif yang nyata bagi mitra bisnis Telkomsel, seperti salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sejak penerapan Telco Verify, BRI telah melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo.

"Jadi menurunkan percobaan fraud, di mana kalau OTP banyak sekali mekanismenya. Fraud sering mendapatkan nomor OTP, misalnya sosial engineering, menelpon, kemudian meyakinkan bahwa dia adalah orang yang benar," kata Head of Departement, e-Banking Strategy & Product Development Departement BRI Danang Wedhasmara.
​​​​
Dengan penerapan solusi Telco Verify dari Telkomsel Enterprise, BRImo dapat meningkatkan perlindungan bagi nasabahnya secara signifikan.

Fitur verifikasi identitas secara real-time ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui BRImo terlindungi dari risiko tindak kejahatan siber.

Baca juga: Telkomsel luncurkan solusi keamanan IoT Sphere

Baca juga: Telkomsel Enterprise Mobile Security berikan solusi keamanan digital


 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024